Kompas TV regional berita daerah

Selamatkan Pesisir Pantai Semarang, Ribuan Bibit Mangrove Ditanam

Kompas.tv - 13 September 2022, 16:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ribuan bibit mangrove kembali ditanam di pesisir pantai kawasan Industri Wijaya Kusuma, Tugu, Kota Semarang. Penanaman bibit mangrove ini sekaligus untuk mencegah abrasi. Penanaman ribuan bibit mangrove dilakukan oleh alumni SMA Negeri 1 Semarang angkatan 1980 yang tergabung dalam Aljiro 80.

Penanaman ini juga dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang ikut terjun dalam aksi tanam peduli lingkungan pantai. Pada kesempatan itu Hendrar Prihadi mengapresiasi kegiatan para alumni Aljiro 80 yang masih peduli dan menjaga serta ikut merawat Kota Semarang.

Dipilihnya tanam bibit mangrove karena mangrove berfungsi untuk kehidupan habitat lain di pantai. Bisa untuk lokasi wisata dan juga untuk mencegah terjadinya abrasi dan kerusakan lainnya. 

"Program-program pemerintah daerah yang telah diputuskan oleh Pemda bersama dengan DRPD, maka seluruh alumni akan memback up. Salah satu kegiatan back up itu antara lain apa yang dilakukan oleh Aljiro 80," ungkap Mayjen Tni Purnawirawan Hendradji, Ketua Umum Aljiro.

"Ini yang kedua, dulu kita melakukan hal yang sama di Rembang. Walaupun usia tidak muda lagi, tetapi selalu peduli dengan lingkungan," ujar Koeshartanto, Ketua Aljiro 80.

Penanaman ribuan bibit mangrove ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, supaya peka dan peduli kebersihan serta keasrian terhadap lingkungan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.