Kompas TV tekno internet

Terbaru Abu Janda, Ini 11 Nama Korban Hacker Bjorka

Kompas.tv - 13 September 2022, 13:27 WIB
terbaru-abu-janda-ini-11-nama-korban-hacker-bjorka
Arsip foto Abu Janda. Data pribadi milik pria bernama asli Heddy Setya Permadi itu diretas oleh Bjorka pada Selasa (13/9/2022). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Hacker Bjorka kembali menyebar data korban pada Selasa (13/9/2022). Kali ini giliran data pribadi pegiat media sosial Heddy Setya Permadi alias Permadi Arya alias Abu Janda.

"Ya, saya tak tahu tentang orang ini, karena banyak yang meminta data Permadi Arya, maka saya berikan untuk kalian," kata Bjorka via kanal Telegram, dalam Bahasa Inggris yang telah diterjemahkan KOMPAS TV.

Data milik Abu Janda yang disebar oleh Bjorka berupa nomor Kartu Keluarga, NIK, nomor telepon, alamat, nama anggota keluarga, serta nomor vaksinasi.

Selepas menyebar data itu, Bjorka menyebut Abu Janda memiliki kemiripan dengan Denny Siregar, pegiat media sosial yang datanya sudah lebih dulu diungkap ke publik.

"Permadi Arya itu teman Denny Siregar, keduanya hidup dari pajak negara, tetapi menggunakan internet untuk mempolarisasi masyarakat," kata Bjorka.

Baca Juga: Inspirasi Nama dan Arti Bjorka: dari Tumbuhan Bumi Utara hingga Penyanyi Islandia

Hingga kini, total 11 orang telah jadi korban penyebaran data pribadi oleh hacker Bjorka.

Masing-masing adalah Johnny G. Plate (Menkominfo), Puan Maharani (Ketua DPR RI) dan Erick Thohir (Menteri BUMN)

Selain itu, ada pula pegiat media sosial Denny Siregar, Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Marvest), Mochamad Iriawan (Ketua PSSI) serta Mahfud MD (Menkopolhukam).

Menanggapi adanya peretasan dari Bjorka, Founder Drone Emprit Ismail Fahmi menilai tindakan itu seolah menampar pemerintah.

“Itu akhirnya didukung netizen dan mereka suka sekali. Padahal data itu merugikan warga,” kata Fahmi, Minggu (11/9) lalu.

“Masyarakat akan lebih respect (menghormati -red) kalau melihat pemerintah di sisi masyarakat, melindungi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Twitter TNI AD Dihack Sudah Tiga Minggu, Banyak Gambar Penguin


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.