Kompas TV internasional kompas dunia

Inspirasi Nama dan Arti Bjorka: dari Tumbuhan Bumi Utara hingga Penyanyi Islandia

Kompas.tv - 13 September 2022, 12:46 WIB
inspirasi-nama-dan-arti-bjorka-dari-tumbuhan-bumi-utara-hingga-penyanyi-islandia
Bjork Guomundsdottir, penyanyi asal Islandia. (Sumber: Twitter Bjork)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bjorka menjadi perbincangan di Indonesia selepas digunakan sebagai nama anonim hacker yang meretas data pemerintah. Sebenarnya, apa arti nama Bjorka?

Menyitat keterangan di Britannica, Bjorka atau brich merupakan genus dari sekitar 40 spesies pohon hias berumur pendek, juga semak-semak dari keluarga Betulaceae. Tanaman ini hanya tumbuh di wilayah dingin alias belahan bumi bagian utara.

Birch memiliki kulit kayu warna putih yang halus, dengan pori-pori horizontal (lenticels) yang biasanya mengelupas dalam bentuk lembaran tipis, terutama pada pohon muda.

Batang yang lebih tua memiliki kulit kayu tebal dan berkerut, mengelupas dalam bentuk lempengan-lempengan tak beraturan.

Adapun daun pohon brich berbentuk segitiga, biasanya berbentuk runcing dengan tepi bergigi, dengan warna hijau cerah dan berubah menguning saat musim gugur tiba. 

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Data Pribadinya Bukan Rahasia, Netizen: Bahaya Kalau Gini Cara Pikirnya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bjo rk (@bjork)

Terlepas dari itu, Bjork sebenarnya juga nama penyanyi asal Islandia dengan nama lengkap Bjork Guomundsdottir.

Menurut Britannica, Bjork dikenal dengan berkat ciri khas integrasinya antara suara elektronik dengan organik. Karya musik Bjork juga kerap mengeksplorasi hubungan antara alam dan teknologi.

Bjork merekam album solo pertamanya, kumpulan versi cover dari lagu-lagu populer, ketika masih berstatus pelajar sekolah musik, di usia 11 tahun pada 1977.

Sepanjang masa remaja, ia tampil dengan berbagai band berumur pendek. Pada usia 18 tahun ia bergabung dengan Kukl, sebuah grup musik punk yang kini menjelma jadi Sugarcubes. 

Dengan Bjork sebagai vokalis utama, Sugarcubes mendapat perhatian di Inggris pada album perdana mereka, Life's Too Good (1986).

Setelah merekam dua album lagi selama lima tahun berikutnya, Here Today, Tomorrow, Next Week! dan Stick Around for Joy, band ini bubar. Sejak itu Bjork memulai karir sebagai penyanyi solo. Dan kini, publik di Indonesia dihebohkan dengan aksi sosok bernama Bjorka  yang bukan penyanyi, tapi meretas sejumlah data resmi pemerintah. 

Baca Juga: Twitter TNI AD Dihack Sudah Tiga Minggu, Banyak Gambar Penguin


 



Sumber : Kompas TV?Britannica


BERITA LAINNYA



Close Ads x