Kompas TV video vod

Bersama Kamboja hingga Thailand, MA Lakukan Harmonisasi Penerapan Hukum di ASEAN! - MA NEWS

Selasa, 13 September 2022 | 08:57 WIB

Penulis : Edwin Zhan

SEMARANG, KOMPAS.TV - Aspek peradilan termasuk bagian penting dari perwujudan visi ASEAN di mana para hakim dan aparat peradilan di negara anggota perlu memahami perihal berbagai perangkat dan institusi hukum yang ada di ASEAN.

Oleh karena itu, pertemuan ini diperlukan untuk membahas materi dan informasi yang diperlukan bagi lembaga pelatihan peradilan terkait perangkat hukum dan institusi ASEAN.

Pertemuan ini berlangsung selama dua hari, di mana di hari pertama untuk membahas perangkat hukum dan institusi di ASEAN, selanjutnya hari kedua, melaksanakan agenda rutin membahas evaluasi dan rencana kerja kelompok kerja.

Para hakim ataupun pejabat dari lembaga peradilan hampir seluruh negara anggota turut ambil bagian, yaitu dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Selain itu, kegiatan ini turut dihadiri dan didukung oleh Sekretariat ASEAN yang berkedudukan di Jakarta, serta proyek kerja sama ASEAN-USAID Prospect.

Diketahui sebelumnya, komunitas ASEAN telah digagas sejak dekade lalu terdiri dari kerja sama di bidang keamanan, ekonomi, dan sosial-budaya.

Ketiga hal tersebut dilandasi oleh pemahaman bersama mengenai aturan rule ‘based community’.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x