Kompas TV entertainment lifestyle

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Fungsi Dry pada AC

Kompas.tv - 13 September 2022, 09:42 WIB
jarang-diketahui-ternyata-ini-fungsi-dry-pada-ac
Ilustrasi penggunaan air conditioner (AC) atau pendingin ruangan di rumah. (Sumber: Freepik/Bugphai)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Air conditioner (AC) memiliki beberapa pilihan fitur atau mode yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pengguna. Salah satunya fitur mode kering atau dry mode.

Masih banyak orang yang belum mengetahui sejumlah fitur yang terdapat pada AC, salah satunya adalah mode dry atau mode kering. Biasanya, mode ini disimbolkan dengan gambar tetesan air yang memiliki garis pada bagian tengahnya.

Dirangkum dari Kompas.com dan berbagai sumber, berikut 5 fungsi mode dry pada AC yang jarang diketahui:

1. Mengurangi kelembapan udara

Fungsi utama mode dry pada AC adalah mengurangi kelembapan udara atau berperan sebagai dehumidifier. Mode dry sangat cocok digunakan ketika hujan turun.

Saat hujan, kelembapan udara di dalam ruangan akan menjadi sangat tinggi. Dengan menyalakan mode dry, ruangan menjadi tetap sejuk dan kelembapan tetap terjaga.

Meski tidak bisa menghilangkan semua kelembapan di dalam ruangan, namun mode dry dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman.

2. Menghemat daya listrik

Ketika menyalakan AC, tidak sedikit orang yang khawatir tagihan listrik di rumahnya melonjak. Akan tetapi, penggunaan mode dry pada AC dapat menurunkan daya listrik yang diperlukan ketika menyala.

Pasalnya, saat mode dry pada AC diaktifkan, kompresor serta kipas AC akan bekerja lebih rendah dibandingkan dengan saat tidak memakai mode dry.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x