Kompas TV internasional kompas dunia

Megawati ke Korea Selatan, Sekjen PDI-P: Akan Sebarkan Pancasila di Forum Perdamaian Internasional

Kompas.tv - 12 September 2022, 22:27 WIB
megawati-ke-korea-selatan-sekjen-pdi-p-akan-sebarkan-pancasila-di-forum-perdamaian-internasional
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri tiba di Jeju, Korea Selatan, Senin (12/9/2022). (Sumber: PDI-P via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri dilaporkan telah tiba di Jeju, Korea Selatan, Senin (12/9/2022). Megawati melawat ke Korsel untuk menjadi pembicara utama di Forum Perdamaian pada 15 September mendatang.

Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto menyebut Megawati, selain menjadi pembicara, melawat ke Korsel dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Hasto menyebut ketua umumnya akan menyebarkan Pancasila dengan membagikan buku terkait lima sila tersebut dalam forum di Jeju.

"Dalam buku dijelaskan sejarah lahirnya Pancasila dan penjelasan tentang lima sila," kata Hasto dikutip Antara.

Acara Jeju Forum for Peace and Prosperity edisi ke-17 tahun ini sedianya akan dihadiri sekitar 2.000 peserta.

Sejumlah tamu penting dari berbagai negara dijadwalkan hadir dalam forum itu dan menyampaikan materi, termasuk Megawati.

Baca Juga: Fraksi PDIP DPR RI Harap Megawati Pilih Puan Jadi Capres di Pilpres 2024


Sebelum menjadi pembicara Forum Perdamaian, Hasto menyebut Megawati akan menyaksikan penandatangan nota kesepahaman antara Universitas Nasional Jeju dengan BRIN dan Kementerian Kelautan dan Perikananan (KKP) pada Rabu (14/9).

"Setelah itu, mengunjungi Laboratorium Budi Daya Laut yang berada di Universitas Nasional Jeju," kata Hasto.

Megawati pun memiliki agenda lain di Korea Selatan, di antaranya menemui Gubernur Jeju Oh Young-hun serta menanam pohon di Megawati Soekarnoputri Garden, salah satu kawasan hotel di Pulau Jeju yang diresmikan putri Presiden Seokarno itu pada Mei 2017.

Lebih lanjut, Hasto menyampaikan bahwa Megawati berharap hubungan dan kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan bisa terus ditingkatkan.

"Beliau selalu menyampaikan agar hubungan kedua negara terus terjalin dengan baik. Saat bertemu dengan Presiden Korsel Yoon Seok-yeol di Seoul pada bulan Mei lalu, hal itu pun disampaikan Ibu Mega," kata Hasto.

Sebelumnya, Hasto mengantar Megawati dan rombongan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, hari ini sekitar pukul 10.00 WIB.

Megawati tiba sekitar pukul 18.00 waktu setempat dan disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto di Bandara Jeju, Senin (12/9).

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres 104, Tunjangan Kepala BRIN Capai Rp49,86 Juta Per Bulan, Berapa untuk Megawati?



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x