Kompas TV olahraga sepak bola

Stadion Pakansari Siap Gantikan JIS untuk Laga Timnas Indonesia vs Curacao

Kompas.tv - 12 September 2022, 20:12 WIB
stadion-pakansari-siap-gantikan-jis-untuk-laga-timnas-indonesia-vs-curacao
Stadion Pakansari tampak dalam yang terletak di daerah Cibinong, Bogor. (Sumber: SUCI RAHAYU/KOMPAS.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Stadion Pakansari siap menggantikan Jakarta International Stadium (JIS) untuk menggelar laga FIFA Matchday antar Timnas Indonesia vs Curacao.

Sebagai informasi Timnas Indonesia direncanakan akan dua kali menghadapi Curacao dalam laga bertajuk FIFA Matchday pada 24 dan 27 September depan.

Duel pertama Indonesia vs Curacao akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, sedangkan uji coba kedua semula direncanakan bergulir di JIS.  

Namun, rencana menjadikan JIS sebagai salah satu venue laga Indonesia vs Curacao batal.

Menurut PSSI, beberapa faktor yang membuat JIS belum layak untuk menggelar FIFA Matchday.

Salah satunya soal infrastruktur stadion berkapasitas 82.000 kursi penonton itu yang dinilai masih punya kekurangan.

Kemudian area parkir, akses jalan menuju stadion, area drop off tim, hingga perimeter tribune diklaim belum sesuai standar.

Baca Juga: Duel Timnas Indonesia vs Curacao Batal Bertempat di JIS, Ada Apa?

Sejauh ini PSSI sedang mempersiapkan Stadion Pakansari (Bogor) dan Stadion Patriot (Bekasi) sebagai opsi pengganti JIS dalam laga Timnas Indonesia vs Curacao.  

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan bahwa pihaknya siap jika Stadion Pakansari ditunjuk sebagai venue laga FIFA Matchday tersebut.

"Kami pun siap untuk mengerahkan masyarakat Kabupaten Bogor untuk memenuhi Stadion Pakansari yang kapasitasnya mencapai 32 ribu penonton, untuk menyaksikan laga FIFA Matchday," kata Iwan dikutip dari Antara, Senin (12/9/2022).

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Bogor akan menyiapkan segala sarana dan prasarana kebutuhan pendukung FIFA Matchday jika Stadion Pakansari ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Kami siap menyempurnakan dan memenuhi persyaratan tersebut, termasuk sarana hotel, lapangan untuk latihan, sampai parkir kami siap," tutur Iwan.

"Event nasional dan internasional sebelumnya pernah berhasil diselenggarakan di Stadion Pakansari, artinya sudah teruji," ujarnya.

Baca Juga: Penjelasan PSSI Batal Gelar Pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao di JIS: Belum Penuhi Kelayakan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x