Kompas TV regional berita daerah

Sempat Terhenti Akibat Teror KKB Ribuan Pelajar Kembali Bersekolah

Kompas.tv - 12 September 2022, 18:37 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

PUNCAK, KOMPAS.TV - Kurang lebih satu tahun berhenti karena gangguan keamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata, ribuan siswa SD, SMP hingga SMA di Kabupaten Puncak Papua kembali bersekolah. Aktivitas sekolah diawali dengan doa bersama dengan pemerintah daerah setempat.

Kegembiraan ini kembali terpancar dari raut wajah pelajar di Kabupaten Puncak Papua, yang kini kembali bisa bersekolah setelah sempat terhenti setahun akibat gangguan keamanan kelompok kriminal bersenjata. 

Dimana sejak gangguan keamanan terjadi tahun 2020, sebagian besar tenaga pengajar memilih mengungsi keluar dari Kabupaten Puncak meninggalkan lokasi tugas, sehingga sejumlah sekolah di beberapa  distrik terhenti.

Kini aktivitas pemerintahan di Ilaga Papua kembali berjalan normal, mulai pelayanan kesehatan ekonomi dan pendidikan. Bahkan pusat kota ini juga sudah terlihat ramai.

Dengan situasi ini, tenaga pengajar berharap adanya jaminan keamanan bagi mereka yang bertugas didaerah terpencil dan rawan terjadi konflik. Karena sangat disayangkan nasib anak-anak yang harus terhenti pendidikannya akibat konflik yang terjadi.

Hingga saat ini pemerintah daerah setempat terus bekerjasama dengan tni polri untuk memberikan jaminan keamanan bagi pelayan publik, seperti guru dan tenaga kesehatan yang bertugas di Kabupaten Puncak Papua.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x