Kompas TV regional berita daerah

Laka Maut 7 Tewas, Pengemudi Bus Ditetapkan Sebagai Tersangka

Kompas.tv - 12 September 2022, 16:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

WONOSOBO, KOMPAS.TV - Setelah melakukan rangkaian penyelidikan, Polres Wonosobo, Jawa Tengah, menetapkan pengemudi bus pariwisata sebagai tersangka dalam kecelakaan maut di Simpang Kertek, yang menyebabkan tujuh orang tewas. Pengemudi bus pariwisata dengan nopol N 7944 US atas nama Hardiyatna Adhita warga Probolinggo, Jawa Timur.

Wakapolres Wonosobo Kompol Andi Setyo Wibowo menjelaskan, penetapan tersangka tersebut setelah melalui serangkaian penyelidikan. Diantaranya yakni melakukan olah tempat kejadian perkara, pemeriksaan saksi, hingga uji kelayakan kendaraan. Pengemudi dianggap lalai sehingga mengakibatkan kecelakaan dan menghilangkan nyawa. Atas kelalaiannya, tersangka akan dikenai pasal 310 ayat 2 dan ayat 4 dengan ancaman hukuman penjara selama enam tahun.

"Menetapkan tersangka. Pasal yang diterapkan dalam lakalantas yang terjadi, sesuai undang-undang lalu lintas  pasal 310 ayat 2 dan ayat 4," ujar Kompol Andi Setyo Wibowo.

Sebelumnya, Sabtu (10/09/22) dinihari, laka karambol yang melibatkan empat kendaraan dan menewaskan tujuh orang terjadi di Simpang Kertek. Empat kendaraan yang terlibat yakni bus, dua kendadaan bak terbuka dan sebuah mobil minibus.

Menurut saksi mata, kecelakaan bermula ketika bus rombongan wisatawan dari Probolinggo Jawa Timur, hendak ke Dieng. Sesampainya di Simpang Tiga Kertek yang kondisinya turunan tajam, laju bus tidak terkendali dan menabrak sebuah mobil pick up dari arah berlawanan dan sebuah mobil minibus yang terparkir di pinggir jalan.

Bus terus melaju dan menabrak sebuah pick up mengangkut rombongan pelaku seni yang habis pentas di Wonosobo. Laju bus terhenti setelah menabrak sebuah tugu pertigaan Kertek.

#lakalantas #wonosobo #buspariwisata

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.