Kompas TV pendidikan edukasi

Ini Tips Membeli Saham dari Dosen Unair, Waspadai Pengaruh Influencer

Kompas.tv - 12 September 2022, 14:50 WIB
ini-tips-membeli-saham-dari-dosen-unair-waspadai-pengaruh-influencer
Ilustrasi: investasi saham. (Sumber: Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga Ahmad Fadlur Bayuni memberikan beberapa tips bagi seseorang yang ingin mulai membeli atau berinvestasi saham.

Menurutnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan investor sebelum membeli saham. Namun, Ahmad menekankan para investor pemula untuk mewaspadai influencer atau pesohor saham.

“Saya harus betul-betul menelaah sebelum membeli perusahaan tersebut,” tuturnya dikutip dari unair.ac.id, Senin (12/9/2022).

Membeli atau memilih saham yang baik bisa dilakukan dengan melakukan analisis fundamental terlebih dulu untuk mengukur nilai suatu perusahaan.

Baca Juga: Unnes Kampus Pertama di Semarang Pakai Fitur Google Workspace For Education Plus

Caranya adalah dengan membaca laporan keuangan hingga prospek perusahaan tersebut. Serta ditambah data dari berita yang mendukung.

"Jadi harus betul-betul menelaah sebelum membeli saham perusahaan tersebut. Jadi harus baca laporan keuangan, prospektus perusahaan, dokumen, serta berita-berita lain yang mendukung," lanjutnya.

Investor pemula juga harus melengkapi diri dengan analisis sebelum memutuskan untuk membeli saham.

Analisis yang bisa dilakukan adalah mulai lingkup luas, analisis ekonomi, lingkup menengah, analisis industri hingga lingkup sempit.

Baca Juga: Tekanan Terus Meningkat, Keluarga Glazer Pertimbangkan Jual Saham Manchester United

Hal ini diperlukan karena maraknya influencer saham yang mengimbau para pengikutnya untuk membeli saham suatu perusahaan tertentu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.