Kompas TV nasional sapa indonesia

Peringati 10 Muharam dengan Tradisi Nasi Jangkrik

Kamis, 20 September 2018 | 16:20 WIB

Nasi Jangkrik adalah nasi dengan lauk daging kerbau atau kambing yang dimasak menggunakan bumbu garang asem dan dibungkus menggunakan daun jati.

Nasi ini dipercaya mendatangkan berkah bagi siapa saja yang memakannya. Maka tidak heran setiap tanggal 10 Muharam warga Kudus dan sekitarnya rela mengantre untuk sebungkus Nasi Jangkrik di kompleks Masjid Menara Kudus.

Sejak subuh warga sudah mengantre. Jika kesiangan maka ada kemungkinan warga tidak kebagian nasi berkah ini.

Tradisi bagi-bagi Nasi Jangkrik merupakan bagian dari rangkaian acara buka luwur yang diselenggarakan setiap 10 Muharam. Ada tiga puluh ribu bungkus Nasi Jangkrik yang dibagikan kali ini.

Penulis : Sadryna Evanalia | Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar




VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Protokol Hut RI di Tengah Pandemi

Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:13 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:20
DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN   KETUA DPR PUAN MAHARANI MINTA PRODUK HUKUM ZAMAN KOLONIAL DIGANTI   BAWASLU KOTA MANADO SEBUT 1.424 ORANG BELUM TERDAFTAR SEBAGAI PEMILIH PADA PILKADA 2020   KADIS KESEHATAN JABAR SEBUT 40 PEGAWAI GEDUNG SATE SEMBUH DARI COVID-19   KOMISI KEJAKSAAN AKAN PANGGIL OKNUM PETINGGI KEJAKSAAN YANG DIDUGA MENELEPON DJOKO TJANDRA   PRESIDEN JOKOWI: JANGAN SIA-SIAKAN PELAJARAN YANG DIBERIKAN KRISIS COVID-19   HADAPI PANDEMI COVID-19, PRESIDEN JOKOWI MINTA REFORMASI DI SEKTOR KESEHATAN DIPERCEPAT   PRESIDEN JOKOWI SEBUT "FOOD ESTATE" DIBANGUN UNTUK PERKUAT CADANGAN PANGAN NASIONAL   PRESIDEN JOKOWI MINTA PILKADA 2020 TETAP BERJALAN DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN    PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN PEMERINTAH TIDAK MAIN-MAIN DENGAN UPAYA PEMBERANTASAN KORUPSI   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH PERBANYAK BANTUAN SOSIAL DAN STIMULUS BAGI PELAKU USAHA   KETUA DPR PUAN MAHARANI SEBUT RAKYAT MENUNTUT PEMERINTAH BEKERJA SIGAP DAN TERPADU TANGANI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MINTA TIDAK ADA YANG MERASA PALING AGAMIS DAN PANCASILAIS