Kompas TV video vod

[Full] Yang Disampaikan Komnas HAM ke Menko Polhukam Soal Kasus Sambo dan Pembunuhan Brigadir J

Senin, 12 September 2022 | 12:42 WIB

Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komnas HAM menyampaikan laporan akhir dari investigasi terkait pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J kepada Menko Polhukam.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan ada dua kesimpulan dari kasus pembunuhan Brigadir J.

Yang pertama adalah terjadinya extra judicial killing oleh Irjen Ferdy Sambo terhadap Brigadir J. Kedua, kesimpulan yang paling diyakini oleh Komnas HAM adalah terjadinya obstruction of justice yang sistemik dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Baca Juga: Pengacara Putri Candrawathi Bantah Dugaan Komnas HAM Soal Kliennya Ikut Tembak Yosua

Komnas HAM juga memberikan rekomendasi kepada Presiden dan pemerintah dari kasus pembunuhan Brigadir J di antaranya adalah melakukan pengawasan dan audit kinerja dan kultur kinerja di Polri agar taka da kekerasan dan pelanggaran HAM di tubuh Polri dan memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan mekanisme pengawasan berkala terhadap para anggota untuk menghindari terjadinya kekerasan dan pelanggaran HAM di tubuh Polri.

Video Editor: Bara Bima


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x