Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Tak Bosan, Macron akan Kembali Hubungi Putin Terkait PLTN Zaporizhizhia

Kompas.tv - 12 September 2022, 09:35 WIB
tak-bosan-macron-akan-kembali-hubungi-putin-terkait-pltn-zaporizhizhia
Presiden Prancis, Emmanuel Macron akan kembali menghubungi Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk membicarakan masalah PLTN Zaporizhzhia. (Sumber: Teresa Suarez/Pool via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

PARIS, KOMPAS.TV - Presiden Prancis Emmanuel Macron tak bosan untuk kembali menghubungi Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk membicarakan masalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia.

Pada beberapa hari ke depan, Macron akan kembali berbicara dengan Putin terkait PLTN milik Ukraina yang diserang Rusia itu.

Rencana Presiden Macron tersebut diungkapkan oleh Istana Elysee, Minggu (11/9/2022).

“Presiden akan berbicara dengan Presiden Putin pada beberapa hari mendatang untuk mencapai kesepakatan untuk memastikan keselamatan PLTN Zaporizhzhia,” bunyi kantor kepresidenan dikutip dari TASS.

Baca Juga: Rusia Serang Pembangkit Listrik, Pemadaman Meluas di Seluruh Ukraina, Pejalan Kaki Gunakan Senter

Mereka juga mengatakan Macron juga akan berhubungan dengan Presiden Ukraina Vladimir Zelenskyy dan Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi.

Berdasarkan penuturan Istana Elysee, Macron menekankan perlunya menjamin keamanan PLTN Zaporizhzhia dan mencatat bahwa kehadiran Rusia mendasari risiko yang dihadapi pembangkit listrik tenaga nuklir.

“Presiden Prancis menyerukan penarikan senjata berat dan senjata Rusia lainnya, serta penerapan rekomendasi IAEA untuk memastikan keamanan fasilitas,” tambahnya.

Selain itu, Macron juga menyerukan agar operasi Rusia segera diakhiri dan dimulainya pembicaraan tentang memulihkan kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina.

Sebelumnya, Macron dan Putin sempat berbicara di telepon pada 19 Agustus lalu.



Sumber : TASS

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.