Kompas TV nasional peristiwa

Proyek MRT Harmoni Mangga Besar Dimulai

Kompas.tv - 11 September 2022, 11:07 WIB
proyek-mrt-harmoni-mangga-besar-dimulai
Menhub Budi Karya Sumadi saat menghadiri acara Groundbreaking Contract Package (CP) 202 MRT Jakarta Fase 2A dan Pembukaan Kembali Kawasan Kota Tua, di Areal Stasiun Jakarta Kota, Sabtu malam (10/9). (Sumber: BKIP Kemenhub)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Proyek pembangunan MRT Fase 2A segmen Harmoni – Mangga Besar resmi dimulai.

Pembangunan ini menjadi bukti konsistensi pemerintah dalam membangun dan mengembangkan angkutan massal perkotaan.

“Pemerintah konsisten menjalankan visi-misi membangun konektivitas perkotaan melalui angkutan massal. MRT fase 2A (koridor selatan-utara) ini akan kita mulai dan akan diteruskan sampai Ancol. Tidak hanya kita bangun selatan-utara, tetapi juga nantinya kita akan bangun MRT fase 3 koridor timur – barat dan juga fase 4 dari Fatmawati sampai TMII,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi saat menghadiri acara Groundbreaking Contract Package (CP) 202 MRT Jakarta Fase 2A dan Pembukaan Kembali Kawasan Kota Tua, di Areal Stasiun Jakarta Kota, Sabtu malam (10/9).

Pada kesempatan itu, Menhub mengungkapkan, pemerintah akan terus konsisten membangun angkutan massal yang bisa menghubungkan tempat-tempat wisata.

MRT Fase 2A akan melewati kawasan warisan sejarah (heritage) yang juga menjadi destinasi wisata, salah satunya yaitu di kawasan Kota Tua, Jakarta Kota

Baca Juga: Sudah Minta Aspirasi Semua Pihak, Menhub Budi Karya: Sebenarnya Naiknya Cuman 5% kok

“Saya mendukung pembukaan kembali Kawasan Kota Tua oleh pemprov DKI yang nantinya akan memberikan nilai tambah bagi kehadiran MRT. Dengan dilewati MRT, diharapkan kawasan Kota Tua ini akan menjadi destinasi wisata favorit masyarakat,” tutur Menhub.

Ia juga menyebut keberlanjutan pembangunan MRT di Jakarta tidak terlepas dari kolaborasi yang baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan juga kerja sama dengan pemerintah Jepang yang telah membantu dalam pembiayaan proyek MRT. 

“Apa yang kita lakukan ini menjadi contoh bagi kota-kota lainnya untuk menjadikan angkutan massal sebagai prioritas. Dengan semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan massal, kita bisa berhemat puluhan triliun (dari biaya BBM). Semoga MRT ini menjadi kebanggan kita semua,” Jelas dia.

Jalur MRT Harmoni – Mangga Besar merupakan bagian dari proyek MRT Fase 2A, yang membentang sepanjang 6,3 Km dari Thamrin sampai ke Jakarta Kota, yang melewati tujuh stasiun bawah tanah yaitu Thamrin-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Glodok-Kota.

Pembangunan MRT Fase 2A terbagi atas tiga paket, yakni CP 201, CP 202, dan CP 203. Untuk Fase 2A CP 202 membentang sepanjang 1,8 Km melewati tiga stasiun bawah tanah, yakni Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar. Diproyeksikan, keseluruhan pembangunan MRT Fase 2A dapat diselesaikan pada tahun 2028.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji, Chief Representative of JICA Takehiro Yasui, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy. 

Baca Juga: Mari Kenali Perbedaan dari LRT, MRT, dan KRL



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.