Kompas TV nasional hukum

Ada Kemungkinan Pengajuan JC Bripka RR Tidak Dikabulkan, Wakil Ketua LPSK Jelaskan Tahapannya

Minggu, 11 September 2022 | 06:55 WIB
ada-kemungkinan-pengajuan-jc-bripka-rr-tidak-dikabulkan-wakil-ketua-lpsk-jelaskan-tahapannya
Wakil Ketua LPSK Antonius Wibowo menjelaskan tahapan pengajuan perlindungan yang harus dilewati pemohon di program Kompas Petang di Kompas TV, Sabtu (10/9/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim kuasa hukum tersangka Bripka Ricky Rizal alias Bripka RR berencana mengajukan permohonan perlindungan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dengan status sebagai justice collaborator (JC).

Langkah tersebut dilakukan jika nantinya ada ancaman terhadap Bripka RR setelah mengubah keterangan yang berkaitan dengan skenario Ferdy Sambo di kasus pembunuhan Brigadir J.

Wakil Ketua LPSK Antonius Wibowo menjelaskan dalam pengajuan perlindungan ada tahapan yang harus dilewati pemohon. 

Baca Juga: Ikuti Jejak Bharada E, Bripka Ricky Rizal Kini Mulai Berani Melawan Skenario Ferdy Sambo

Pertama, LPSK melakukan penelaahan atau investigasi untuk memastikan beberapa hal. Seperti apakah pemohon memiliki informasi atau keterangan signifikan yang dibutuhkan untuk mengungkap peristiwa menjadi terang benderang atau menjadi lebih terang benderang. 

Kedua, LPSK melakukan penelusuran untuk terkait ada atau tidak ada acaman terhadap pemohon.

"Ancaman itu tentu ancaman nyata. Ini bisa tekanan psikis terhadap pemohon maupun keluarganya," ujar Antonius di program Kompas Petang di Kompas TV, Sabtu (10/9/2022).

Ketiga, melakukan asesmen psikologis untuk melihat apakah psikologi pemohon stabil dan siap sebagai pihak yang bekerja sama dengan aparat hukum dalam mengungkap kasus. Dalam hal ini LPSK memiliki penilaian. 

Baca Juga: Bripka Ricky Rizal Tolak Perintah Sambo untuk Tembak Yosua, Ternyata Ini Alasannya...

Keempat LPSK melakukan penelusuran rekam jejak terhadap pemohon yang mengajukan perlindungan dengan status sebagai JC.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x