Kompas TV internasional kompas dunia

Ratu Elizabeth II Dimakamkan 19 September di Westminster Abbey

Kompas.tv - 11 September 2022, 00:13 WIB
ratu-elizabeth-ii-dimakamkan-19-september-di-westminster-abbey
Mendiang Ratu Elizabeth II akan dimakamkan 19 September 2022 di Westminster Abbey, London. (Sumber: Twitter @PremierLeague)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV — Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II akan berlangsung pada 19 September di Westminster Abbey, London. Publik akan mendapat kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang ratu Elizabeth II sebelum dimakamkan.

Elizabeth, penguasa terlama di negara itu, meninggal pada Kamis di retret musim panasnya di Dataran Tinggi Skotlandia.

Rincian tentang pemakaman ratu berusia 96 tahun akan dirilis kemudian, tetapi penyelenggara pada hari Sabtu menggambarkan upacara itu sebagai "perpisahan yang tepat untuk salah satu tokoh penting di zaman kita."

Pejabat istana mengatakan, publik akan mendapat kesempatan untuk melihat peti mati mendiang penguasa 70 tahun itu saat melakukan perjalanan dari Kastil Balmoral di Skotlandia ke Edinburgh. Selain itu publik juga akan mendapatkan kesempatan melihatnya lagi saat Elizabeth II disemayamkan selama empat hari di London

Sementara Raja Charles III secara resmi diumumkan sebagai raja Inggris pada hari Sabtu (10/9/2022) dalam upacara penuh kemegahan yang sarat dengan tradisi kuno dan simbolisme politik. Untuk pertama kalinya, pengumuman ini akan disiarkan langsung secara online dan di televisi.

Charles, yang menghabiskan tujuh dekade sebagai pewaris, secara otomatis menjadi raja ketika ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal.

Baca Juga: Duduki Takhta Terlama di Kerajaan Inggris, Berikut Kenangan-Kenangan dari Ratu Elizabeth II...

Ratu Elizabeth II saat meresmikan sebuah gedung baru di Rumah Sakit Thames, Maidenhead, Inggris. Mendiang Ratu Elizabeth II akan dimakamkan 19 September di Westminster Abbey, London. (Sumber: Kirsty OConnor/Pool Photo via AP, File)

Raja baru secara resmi menyetujui serangkaian perintah - termasuk yang menyatakan hari pemakaman ibunya pada 19 September 2022 sebagai hari libur umum.

Ini adalah pertama kalinya upacara aksesi sejak 1952, ketika Ratu Elizabeth II naik takhta.

Charles didampingi pada upacara itu oleh istrinya, Camilla, Permaisuri, dan putra sulungnya, Pangeran William.

William sekarang adalah pewaris takhta dan sekarang dikenal dengan gelar yang sudah lama dipegang Charles, Pangeran Wales.

Dalam pernyataan pertamanya sejak kematian neneknya, William mengatakan, "Sang ratu berada di sisiku di saat-saat paling bahagiaku. Dan dia berada di sisiku selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidupku."

"Saya tahu hari ini akan datang, tetapi itu akan menjadi beberapa waktu sebelum kenyataan hidup tanpa nenek akan benar-benar terasa nyata," katanya.

Baca Juga: Inggris Resmi Umumkan Raja Baru Raja Charles III, Perdana Menteri dan Parlemen Ucapkan Sumpah Setia



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x