Kompas TV nasional peristiwa

Cerita SBY Bersama Ratu Elizabeth II, Kenang Dapat Gelar Ksatria di Istana Buckingham

Kompas.tv - 10 September 2022, 15:07 WIB
cerita-sby-bersama-ratu-elizabeth-ii-kenang-dapat-gelar-ksatria-di-istana-buckingham
Momen Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ratu Elizabeth II yang ia bagikan di media sosial hari ini, Sabtu (10/9/2022) (Sumber: akun resmi SBY )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengisahkan pertemuan dirinya dengan mendiang Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis (8/9/2022 lalu.

SBY juga mengenang berbagai pertemuan dirinya dan Ratu Inggris tersebut dan mengisahkan selalu diterima dengan baik, meskipun Istana Inggris sedang sibuk.

Termasuk kenangan ketika ia mendapatkan gelar kehormatan kehormatan Ksatria berupa Knight Grand Cross in the Order of Bath (GCB) dari Ratu lizabeth II di Istana Buckingham, Inggris. 

Peristiwa itu terjadi pada tanggal 30 Oktober 2012 silam. 

"Sebagai mantan Presiden Republik Indonesia, saya mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Queen Elizabeth II pada tanggal 8 September 2022. Semoga beliau tenang dan damai di taman keabadian," tulis SBY melalui akun Twitter resminya, Sabtu (10/9/2022) yang dikutip KOMPAS.TV.


"Kita mengetahui bahwa Queen Elizabeth II adalah sosok yang tangguh & dicintai rakyatnya pada penggal sejarah pasca Perang Dunia II, selama Perang Dingin dan era-era berikutnya yang sarat dengan tantangan," imbuhnya.

Baca Juga: Suasana Terkini di Buckingham Palace Sebelum Pemakaman Ratu Elizabeth II: Hening dan Penuh Duka

SBY lantas mengenang saat dirinya diundang ke Inggris ketika menjabat Presiden Indonesia pada 2012.

Kala itu, SBY menyebut dirinya diterima dengan baik oleh Ratu Elizabeth bersama dengan sang suami Pangeran Philips, dan putranya, Pangeran Charles serta keluarga besar kerajaan. 

"Saya juga mengenang ketika melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris pada tahun 2012. Pada kunjungan tersebut, saya beserta delegasi Indonesia merasakan keramahtamahan dan enerimaan yang sangat baik dari Queen Elizabeth II, Prince Phillip, Prince Charles & segenap keluarga besar kerajaan," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x