Kompas TV internasional kompas dunia

Warga Malaysia Ini Diburu, AS Tawarkan Hadiah Rp590 Juta bagi yang Bisa Tangkap

Kompas.tv - 10 September 2022, 14:24 WIB
warga-malaysia-ini-diburu-as-tawarkan-hadiah-rp590-juta-bagi-yang-bisa-tangkap
Poster buron warga negara Malaysia, Leonard Glenn Francis alias Fat Leonard yang dirilis US Marshals. (Sumber: US Marshals)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pemerintah AS menawarkan hadiah senilai USD40.000 atau sekitar Rp590 juta bagi siapapun yang bisa menangkap kontraktor militer asal Malaysia berjuluk "Fat Leonard."

Pengumuman itu disampaikan pada Jumat (9/9/2022), selepas Leonard Glenn Francis, nama aslinya, menghilang beberapa minggu sebelum dijatuhi hukuman. Ia terbukti terlibat skandal penyuapan terbesar dalam sejarah militer AS.

Kurang lebih seminggu lalu, tepatnya Minggu (4/9) pagi, sekitar pukul 07.35 waktu setempat, Fat kabur dengan memotong gelang GPS di kakinya, merujuk keterangan US Marshals Service. 

Baca Juga: 5 Poin Pernyataan Awal Raja Charles selepas Ratu Elizabeth II Wafat, Termasuk Mencintai Camilla

Tetangga rumah tempat Fat ditahan menyebut, beberapa hari sebelumnya ada truk yang datang dan pergi ke menuju rumah penahanan.

Fat telah diizinkan menjalani kurungan rumah, karena pertimbangan perawatan medis, sepanjang ia bekerja sama dengan jaksa penuntut. Dengan bantuannya, jaksa bisa memvonis 33 dari 34 terdakwa, termasuk lebih dari dua lusin perwira angkatan laut.

Warga negara Malaysia itu mengaku bersalah di pengadilan pada 2015, setelah menawarkan layanan prostitusi, hotel mewah, cerutu, dan suap lebih dari USD500.000 kepada pejabat angkatan laut dan lainnya.

Semua ia lakukan untuk membantu perusahaan kapal miliknya sendiri yang berbasis di Singapura, Glenn Defence Marine Asia Ltd atau GDMA.

Baca Juga: Kerajaan Inggris Pimpin 56 Anggota Negara Persemakmuran, Kebanyakan Eks Jajahan, Ada dari ASEAN


 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.