Kompas TV internasional kompas dunia

5 Poin Pernyataan Awal Raja Charles selepas Ratu Elizabeth II Wafat, Termasuk Mencintai Camilla

Kompas.tv - 10 September 2022, 13:43 WIB
5-poin-pernyataan-awal-raja-charles-selepas-ratu-elizabeth-ii-wafat-termasuk-mencintai-camilla
Arsip foto Raja Charles saat masih menjadi pangeran. Pada Jumat (9/9/2022) Raja Charles merilis pernyataan perdana selepas ibunya, Ratu Elizabeth II meninggal. (Sumber: AP Photo/Alastair Grant, Pool, File)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV - Raja Charles akhirnya mengeluarkan pernyataan perdana selepas ibunya atau Ratu Elizabeth II wafat.

Pernyataan itu direkam dan rilis pada Jumat (9/9/2022) malam waktu setempat. 

Berikut lima poin dari pernyataan sepanjang sembilan menit dari Raja Inggris terbaru:

1. Siap Menjadi Raja Inggris

"Ratu Elizabeth menjalankan kehidupannya dengan baik, melaksanakan takdirnya dan menepati janji dengan baik. Janji pelayanan seumur hidup itu, saya perbarui kepada Anda semua hari ini."

"Seperti yang dilakukan Ratu dengan pengabdian yang teguh seperti itu, kini saya juga dengan sungguh-sungguh berjanji kepada diri saya, sepanjang sisa waktu yang Tuhan berikan, untuk menegakkan prinsip-prinsip konstitusional di jantung bangsa kita.

"Dan di mana pun Anda tinggal, di Inggris Raya, maupun di wilayah lain seluruh dunia, dan apa pun yang mungkin menjadi latar belakang atau kepercayaan Anda, saya akan berusaha melayani Anda dengan kesetiaan, rasa hormat dan kasih, seperti yang saya miliki di sepanjang kehidupan."

2. Menegaskan Peran Monarki

"Institusi negara telah berubah dari waktu ke waktu. Melewati semua perubahan dan tantangan, bangsa kita, juga lingkup wilayah yang lebih luas, dengan bakat, tradisi, dan prestasinya yang saya banggakan, telah tumbuh makmur dan berkembang. Akan tetapi, nilai-nilai kita tetap, dan harus tetap konstan.

"Peran dan tugas monarki juga tetap ada, seperti halnya hubungan dan tanggung jawab khusus penguasa terhadap Gereja Inggris.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Dikritik Kaburkan Sejarah Berdarah Kolonialisasi, Dubes Inggris Membelanya



Sumber : Kompas TV/The Independent

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.