Kompas TV entertainment film

Ratu Elizabeth II Wafat, Serial 'The Crown' Hentikan Sementara Proses Produksi

Kompas.tv - 10 September 2022, 11:02 WIB
ratu-elizabeth-ii-wafat-serial-the-crown-hentikan-sementara-proses-produksi
Aktris Imelda Staunton berperan sebagai Ratu Elizabeth dalam serial Netflix, The Crown. The Crown menghentikan sementara proses produksi setelah wafatnya Ratu Elizabeth II pada Kamis, 8 September 2022. (Sumber: Alex Bailey/Netflix via AP)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Serial Netflix, “The Crown”, yang menceritakan tentang Ratu Elizabeth II dan keluarganya, menghentikan sementara proses produksi menyusul wafatnya sang ratu pada Kamis (8/9/2022) waktu Inggris.

The Associated Press, Sabtu (10/9), melaporkan, seorang juru bicara serial tersebut mengatakan produksi dihentikan pada Jumat (9/9/2022) "sebagai tanda penghormatan" dan akan ditangguhkan kembali pada hari pemakaman Ratu Elizabeth II.

Sebagai informasi, serial ini sedang dalam proses produksi untuk musim keenamnya. Pada dua musim pertamanya, "The Crown" menampilkan Claire Foy yang memerankan Elizabeth muda yang kemudian naik takhta.

Musim ketiga dan keempat dibintangi Olivia Colman sebagai Ratu Elizabeth yang sudah berusia matang. Cerita kemudian berlanjut lebih dekat dengan peristiwa masa kini.

Netflix belum lama ini mengungkap aktor dan aktris yang akan memerankan Pangeran William dan istrinya, Kate, pada musim keenam.

"The Crown" musim kelima yang menampilkan Imelda Staunton sebagai Ratu Elizabeth II, akan mulai ditayangkan pada November mendatang.

Serial ini telah memenangi 22 pengharagaan di ajang Emmy Awards, termasuk penghargaan serial drama dan aktris drama terbaik untuk Foy dan Colman.

Baca Juga: Kunjungi Kedubes Inggris di Jakarta, Menlu Retno Marsudi Sampaikan Dukacita Wafatnya Ratu Elizabeth


Josh O'Connor, yang memerankan Pangeran Charles dalam 13 episode, juga memenangi penghargaan aktor drama terbaik Emmy Awards untuk perannya sebagai calon raja.

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang dinilainya menyayangi Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis (8/9/2022).

Ratu Elizabeth wafat di usia 96 tahun, setelah 70 tahun menjadi pemimpin Kerajaan Inggris.

“Atas nama Pemerintah Inggris, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada rakyat Indonesia atas pesan belasungkawa yang telah kami terima dalam beberapa jam terakhir,” katanya melalui rilis yang diterima KOMPAS.TV, Jumat (9/9/2022).

“Kami tersentuh oleh kasih sayang terhadap Yang Mulia Ratu yang dirasakan oleh begitu banyak masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga: Kunjungi Kedubes Inggris di Jakarta, Menlu Retno Marsudi Sampaikan Dukacita Wafatnya Ratu Elizabeth



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x