Kompas TV bisnis kebijakan

Cair! Warga yang Tinggal di Daerah Ini sudah Dapat BLT BBM, Ada di Mana Saja?

Kompas.tv - 10 September 2022, 09:38 WIB
cair-warga-yang-tinggal-di-daerah-ini-sudah-dapat-blt-bbm-ada-di-mana-saja
Petugas menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bantuan Program Sembako kepada warga di Kantor PT Pos Indonesia (Persero), Banda Aceh, Aceh, Jumat (9/9/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) ke keluarga penerima manfaat (KPM) di berbagai daerah Indonesia.

Lima di antaranya yang tercatat pada, Jumat (9/9/2022) yaitu, di Pekanbaru, Riau; Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah;  Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau; Kabupaten Ngawi, Jawa Timur; dan Kota Bandarlampung, dirangkum dari Antara.

  • Bandarlampung

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandarlampung menyebutkan bahwa penerima bantuan langsung tunai bahan bakar minyak BLT BBM di kota setempat sebanyak 26.952 KPM.

"Untuk KPM yang dapatkan bantuan akibat kenaikan harga BBM mencapai 26.952, itu data yang kami terima," kata Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Feri Hartani, di Bandarlampung, Jumat (9/9).

Dijelaskan, setiap KPM yang terdata tersebut akan mendapat bantuan sebesar Rp500.000 yang terdiri dari BLT BBM bulan September dan Oktober dan bantuan program sembako.

Secara rincinya, untuk BLT BBM setiap bulannya mendapatkan Rp150.000. Jadi, dua bulan BLT BBM KPM akan terima Rp300.000.

Lalu, ditambah dengan bantuan program sembako Rp200.000 sehingga total bantuan yang diterima oleh KPM Rp500.000.

Feri mengatakan, data KPM penerima BLT BBM ini bersumber dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kota Bandarlampung yang mendapatkan program sebelumnya seperti program sembako, program keluarga harapan (PKH) dan Non PKH.

Namun begitu, yang menentukan KPM tersebut menerima BLT BBM yakni Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga: BLT BBM Mulai Disalurkan ke Daerah-Daerah Seluruh Indonesia

  • Ngawi

Di Kabupaten  Ngawi, Jawa Timur, ada 97 ribu KPM yang mulai menerima BLT BBM. Jumlah daftar penerima tersebut sesuai dengan data yang diterima dari Kantor Pos pusat dan yang masuk dalam DTKS Kementerian Sosial RI.

Kepala Kantor Pos Ngawi Aji Rahman mengatakan, penyaluran sudah dilakukan bertahap sejak hari Kamis tanggal 8 September 2022.

“Untuk memudahkan penyaluran, setiap hari Kantor Pos Ngawi menyalurkan untuk 5.000 KPM," ujar Aji Rahman di Ngawi, Jumat.

Agar tidak terjadi penumpukan massa, lanjutnya, ada dua cara yang dilakukan Kantor Pos Ngawi saat menyalurkan BLT BBM yakni, penyaluran melalui kantor pos induk dan melalui masing-masing kantor kecamatan serta perwakilan desa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x