Kompas TV nasional hukum

Hasil Tes Lie Detector Ferdy Sambo Tak Dibuka ke Publik, Polri Singgung UU Keterbukaan Publik

Sabtu, 10 September 2022 | 07:29 WIB
hasil-tes-lie-detector-ferdy-sambo-tak-dibuka-ke-publik-polri-singgung-uu-keterbukaan-publik
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan hasil sidang kode etik Kombes Agus Nurpatria melalui konferensi pers, Rabu (7/9/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan, hasil tes lie detector Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, tidak dibuka ke publik karena merupakan materi pokok penyelidikan dan penyidikan.

“Materi pokok penyelidikan dan penyidikan, saya mohon maaf belum bisa menyampaikan,” kata Dedi di Bareskrim Polri, Jumat (9/9/2022), dikutip dari pemberitaan KOMPAS TV.

Ia mengatakan, materi penyelidikan dan penyidikan merupakan informasi yang dikecualikan pada Undang-Undang Keterbukaan Publik.

“Kalau kita mengacu pada Undang-Undang Keterbukaan Publik, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 Pasal 17, ketika bicara mengenai penyelidikan dan penyidikan, itu adalah informasi yang dikecualikan,” tuturnya.

Dedi menegaskan, jika penyidik menganggap informasi tersebut bagian dari penyidikan, ia tidak bisa memberi penjelasan.

Baca Juga: Hasil "Lie Detector" Ferdy Sambo Tak Diungkap ke Publik, Begini Kata Polri...

“Kalau penyidik menganggap ini bagian dari materi penyidikan dan tidak memberikan pada saya bahannya, tentunya saya tidak akan bisa memberikan informasi.”

Sebelumnya, penyidik Dittipidum Bareskrim Polri telah melakukan tes kebohongan dengan menggunakan lie detector terhadap tiga tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf menjalani tes kebohongan dengan lie detector pada Senin (5/9/2022).

Hasil tes kebohongan terhadap ketiga tersangka tersebut menunjukkan no deception indicated alias jujur.


Sumber : Kompas TV/Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x