Kompas TV regional berita daerah

BBM Naik Sejumlah Nelayan Memilih Tak Melaut

Kompas.tv - 9 September 2022, 22:01 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Aktivitas nelayan di dermaga Lampulo Banda Aceh terlihat lesu, bahkan sejumlah kapal bersender di dermaga. Nelayan hanya bisa pasrah pasca naiknya harga BBM.

Meski harga BBM naik, nelayan tetap harus melaut karena jika tidak berlayar puluhan anak buah kapal akan menganggur karena mereka hanya menggantungkan hidup dari upah mencari ikan dilaut.

Baca Juga: Aksi Dorong Motor Tolak Kenaikan Harga BBM

Sebagian tidak melaut mereka mengisi waktu dengan memperbaiki jaring tangkap ikan, bahkan tak jarang mereka juga menerima orderan perbaikan jaring ikan dari nelayan lainnya. seperti yang dilakukan oleh Muhammad Suib warga Aceh Timur, sebagai pembuat jaring ikan iini sudah menekuni profesinya sudah 17 tahun. Dirinya sering mengajak nelayan yang tidak melaut untuk membantunya membuat jaring.

Para nelayan di Aceh berharap ada kebijakan dari pemerintah yang membantu mereka, terutama bagi nelayan yang menggunakan boat kecil untuk menangkap ikan. Kenaikan harga BBM ini sangat berdampak bagi mereka, karena hasil tangkapan ikan tidak stabil setiap harinya, padahal sebagian besar masyarakat Aceh bermata pencaharian sebagai nelayan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.