Kompas TV nasional kesehatan

Putri Candrawathi Disebut Alami Gangguan Kesehatan Jiwa PTSD, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 9 September 2022, 16:46 WIB
putri-candrawathi-disebut-alami-gangguan-kesehatan-jiwa-ptsd-ini-penjelasannya
Ilustrasi tahanan perempuan. Mantan staf khusus Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendesak agar tahanan perempuan yang memiliki bayi diperlakukan seperti Putri Candrawathi (PC). (Sumber: Pixabay.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Putri Candrawathi, istri mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo telah resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Sebelumnya, dalam beberapa pemeriksaan terhadap Putri, penyidik kesulitan mendapatkan keterangan dari istri Ferdy Sambo tersebut. Penyidik mengatakan kondisi Putri masih terguncang, lebih banyak diam, dan sesekali menangis.

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Susilaningtias mengatakan, Putri terindikasi mengalami post-traumatic stress disorder atau PTSD. 

"Ditemukan potensi risiko keberbahayaan terhadap diri sendiri yang ditandai dengan kondisi psikologis menjadi PTSD disertai kecemasan dan depresi," kata Susilaningtias, Senin (15/8/2022) silam.

Baca Juga: Sempat Bikin Heboh, Sheila Salsabila Minta Maaf ke Keluarga Marshanda, Akui Punya Gangguan Mental

Apa itu PTSD yang dialami Putri Candrawathi?

PTSD merupakan kondisi kesehatan mental yang dipicu oleh sebuah peristiwa yang traumatis. Seperti dikutip dari Healthline, peristiwa traumatis itu bisa berupa pelecehan fisik secara seksual, kecelakaan, bencana alam, hingga perang.

Pengidap gangguan ini akan mengalami stres yang merupakan respons perubahan kimia dan saraf otak dalam peristiwa traumatis itu.


Gangguan ini bisa dialami semua kelompok usia. Gejalanya macam-macam, ada yang mengalami mimpi buruk, kecemasan, pikiran tak terkendali, dan lain sebagainya.

Sehingga, saat seseorang teringat dengan kejadian traumatis tersebut, tubuhnya akan merespons hal itu dengan berbagai gangguan kecemasan dalam diri.

Jika tidak segera diobati, PTSD bisa mengganggu banyak aspek dalam kehidupan penderita, mulai dari pekerjaan hingga hubungan sosial dengan orang lain.

Baca Juga: Marak Polisi Tembak Polisi, DPR Desak Polri Genjot Pendidikan Mental Khususnya Bintara dan Tamtama

Berikut ini adalah gejala PTSD yang umumnya terjadi pada seseorang:

Teringat peristiwa traumatis yang membuat tekanan emosional

Ingatan akan peristiwa yang membuat trauma kerap dialami kembali oleh penderita PTSD. Hal ini membuat korban merasa mengulang kembali kejadian traumatis yang dialaminya, atau bahkan muncul sebagai mimpi buruk. Hal ini bisa memicu tekanan emosional pada penderita PTSD.

Cenderung mengelak

Memikirkan atau membicarakan topik seputar peristiwa yang menyebabkan trauma cenderung dihindari oleh penderita PTSD. Topik tersebut meliputi tempat, aktivitas, kejadian, atau orang-orang yang berkaitan dengan hal traumatis tersebut.

Perubahan perilaku dan emosi

Ketakutan dan perasaan negatif yang dirasakan penderita PTSD dapat memicu perubahan perilaku dan emosi. Penderita PTSD sering kali mudah takut atau marah, meski tidak dipicu oleh ingatan pada peristiwa traumatis.

Perubahan perilaku ini juga sering membahayakan dirinya atau orang lain. Penderita juga sulit tidur dan berkonsentrasi.

Baca Juga: Benarkah Suka Rebahan Termasuk Gejala Gangguan Jiwa Tahap Awal? Ini Penjelasan Psikolog

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x