Kompas TV nasional peristiwa

Sufmi Dasco Tegaskan ke Sandiaga Uno: Sudah Final, Capres Gerindra Prabowo Subianto

Kompas.tv - 9 September 2022, 16:00 WIB
sufmi-dasco-tegaskan-ke-sandiaga-uno-sudah-final-capres-gerindra-prabowo-subianto
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/7/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Gerindra menegaskan akan tetap mengusung Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Sebab mencalonkan Prabowo sebagai capres 2024 merupakan keputusan final Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra.

Demikian diungkapkan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad seperti dilaporkan jurnalis KOMPAS TV, Leo Taufik, Jumat (9/9/2022).

“Kalau di Gerindra kan sudah final bahwa pencapresan itu mencapreskan Pak Prabowo dan itu belum ada opsi lain karena Rapimnasnya sudah demikian,” tegas Sufmi.

Dengan hasil final Rapimnas tersebut, Sufmi pun menegaskan Partai Gerindra tidak dalam posisi memilih atas keinginan Sandiaga Uno yang ingin menjadi capres pada Pilpres 2024.

Baca Juga: PBNU Maklum Harga BBM Naik, Gus Yahya: Kami Tidak Mau Menambah Beban Pemerintah


Partai Gerindra, tegas Sufmi, justru menunggu tindak lanjut Sandiaga yang berkeinginan maju jadi capres.

Termasuk soal kapasitas Sandiaga yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai perwakilan Partai Gerindra dalam koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Untuk menjalankan tugas sebagai menteri juga itu pilihan hidup, jadi pilihan-pilihan itu harus dipilih,” ujar Sufmi.

“Sehingga kita sebagai orang yang sudah matang dalam berpolitik, tentunya kita akan tunggu aja pilihannya seperti apa, bukan Gerindra yang harus memilih kan gitu.”

Sebelumnya sebagaimana diberitakan, Sandiaga Uno mengaku mendapat dukungan dari berbagai daerah untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024.

Berangkat dari dukungan itu, Sandiaga pun mengaku akan melakukan komunikasi dengan jajaran elite Partai Gerindra.

“Sahabat saya dari Partai Gerindra tentunya ingin berkomunikasi yang lebih dinamis, membangun suatu pengertian bersama bahwa kontestasi demokrasi dilakukan dengan penuh persahabatan,” kata Sandiaga seperti dikutip dari TribunJatim, Jumat, 2 September 2022.

Namun, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani tegas mengatakan jika capres yang akan diusung partainya hanya satu yakni Prabowo Subianto.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Jokowi akan Ajukan Nama Calon Panglima TNI ke DPR sesuai Mekanisme

“Capres Gerindra hanya satu, capres Gerindra tunggal. Artinya tidak ada nama lain kecuali Prabowo Subianto. Jika ada kader Gerindra yang tidak ingin ikut rombongan kereta. Saya minta untuk turun sebelum kereta ini jalan,” tegas Muzani dalam keterangan tertulis, Jumat (2/9/2022).

Apalagi, kata Muzani, pihak yang berkeinginan menjadi capres Partai Gerindra bukanlah orang yang membesarkan partai sejak awal.

“Kalau ada orang yang mau jadi presiden, tidak pernah membesarkan partai, enggak pernah datangi kantor partai, tidak pernah pasang bendera spanduk,” ujar Muzani.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x