Kompas TV regional berita daerah

Kapak SC Gelar Dialog Publik Menyikapi Kenaikan Bbm

Kompas.tv - 9 September 2022, 15:33 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Dialog publik yang membahas kenaikan bbm bersubsidi menghadirkan tiga pembicara yakni guru besar fakultas ekonomi universitas hasanuddin nursini. Pegiat kebijakan publik andi muhammad aswar darwis. Dan communication relation pertamina region sulawesi muh iqbal hidayatullah.

Dalam diskusi dihadapan sejumlah mahasiswa yang juga dihadairi masyaraakat umum guru besar fakultas ekonomi universitas hasanuddin  nursini  memaparkan mengenai kebijakan fiskal  ketika pemerintah mengambil tindakan terkait dengan perubahan dari sisi penerimaan negara atau belanja negara yang dianggap  bbm sebagai salah satu komponen dari belanja negara dan pemerintah menaikan harga bbm  lantaran kenaikam harga minyak mentah dunia yang berimplikasi pada besaran subsidi yang harus ditanggung pemerintah.

Menurut pegiat kebijakan publik andi muhammad aswar darwis kebijakan ini diangga termasuk kebijakan publik karena sifatnya praktis sehingga hal ini dikatakan merupakan sebuah keputusan bukan peraturan.

Sementara itu muh iqbal hidayatullah yang merupakan perwakilan pertamina region sulawesi mengatakan bahwa  bbm bersubsidi kebijakan distribusinya diatur oleh pemerintah dalam hal ini kementerian esdm. Posisi pertamina saat ini hanya sebagai operator . Bbm subsidi seperti solar dan pertalite kuotanya diatur oleh bph migas . Pertamina memiliki tugas menjamin ketersediaan stok dari kuota yang ditentukan pemerintah .

Diharapkan kegiatan ini memberikan informasi mengenai kenaikan bbm  dan juga kedepannya pemerintah dalam memgambil keputusan mempertimbangkan dampak kenaikan bbm bagi masyrakat bawah.
 

 

#HargaBBMnaik
#dialogpublik
#BBMnaik



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x