Kompas TV nasional hukum

Kata KSAD Dudung soal Panglima TNI Tak Hadir di Pengukuhan Anggota Komcad: Sudah Saya SMS

Kompas.tv - 9 September 2022, 14:01 WIB
kata-ksad-dudung-soal-panglima-tni-tak-hadir-di-pengukuhan-anggota-komcad-sudah-saya-sms
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman saat meninjau lokasi yang rencananya akan menjadi tempat berdirinya Mabesad, pada Selasa (23/8/2022). (Sumber: Dispenad TNI AD)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tampak tak hadir di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat, pada Kamis (8/9/2022).

Padahal, hari itu terdapat kegiatan berupa pengukuhan 2.974 anggota Komponen Cadangan (Komcad). Dalam kegiatan itu, turut dihadiri oleh tiga kepala staf TNI dari tiga matra.

Baca Juga: Anggota Komisi I DPR: KSAD Dudung Harus Patuh dan Mengerti Fungsi Lembaga DPR

Mereka adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Sebelumnya, Dudung mengaku sudah menjalin kontak melalui pesan singkat (SMS) dengan Panglima TNI perihal alasan ketidakhadirannya dalam kegiatan tersebut.

"Beliau ada kesibukan kan mau ke luar negeri, saya belum sempat. Tapi saya sudah SMS-an, enggak ada masalah, enggak ada yang dipermasalahkan," kata Dudung di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta, Rabu (7/9/2022), dikutip dari Kompas.com.

Dudung mengatakan dirinya belum sempat bertemu langsung dengan Andika karena terhalang kesibukan.

Baca Juga: Pengamat Militer, Connie Rahakundinie Sebut Ada Dugaan Persaingan Antara Panglima-KSAD, Apa Benar?


Meski demikian, Jenderal Dudung mengatakan tidak memiliki masalah serius dengan Jenderal Andika Perkasa.

Dudung menyebut soal adanya perbedaan pendapat atau sikap di kalangan TNI merupakan hal yang biasa. Namun, dia menegaskan bahwa hal itu tidak akan memengaruhi internal TNI.

"TNI solid. Kalau ada perbedaan itu biasa. Dalam satu organisasi mungkin saya dengan Wakasad juga ada perbedaan, saya dengan staf saya ada perbedaan," ujad Dudung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.