Kompas TV entertainment selebriti

Ini Riwayat Penyakit Ratu Elizabeth II Sebelum Meninggal, Sempat Kena Covid-19

Jumat, 9 September 2022 | 11:58 WIB
ini-riwayat-penyakit-ratu-elizabeth-ii-sebelum-meninggal-sempat-kena-covid-19
Ratu Elizabeth II (Sumber: AP Photo/Frank Augstein, Pool, File)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyebab Ratu Elizabeth II meninggal dunia masih belum dikonfirmasi oleh pihak kerajaan. Namun Sang Ratu sempat menderita beberapa penyakit termasuk terserang virus Covid-19.

Ratu Elizabeth II meninggal di kediamannya di, Kastil Balmoral di Skotlandia pada Kamis, (8/9/2022).

Beberapa tahun belakangan, Healthline melaporkan Ratu yang memimpin Inggris selama 70 tahun itu menderita masalah kesehatan pada punggung dan lututnya.

Pada awal 2022, ia terlihat membawa tongkat dan memberi tahu para tamu di Kastil Windsor bahwa dia "tidak bisa bergerak".

Baca Juga: Hidup Sampai 96 Tahun, Intip Makanan Ratu Elizabeth II Setiap Hari, Ternyata Sederhana

Saat melantik Liz Truss sebagai perdana menteri Inggris yang baru, beberapa pihak sudah merasa khawatir dengan kesehatan Ratu Elizabeth.

Foto-foto yang diambil oleh media dalam acara tersebut menunjukkan dia menggunakan tongkatnya di dalam ruangan, dan tangannya jelas berwarna ungu, seperti yang dilaporkan Today.


 

Koresponden medis NBC News Dr. Natalie Azar dan Dr. John Torres berspekulasi bahwa perubahan warna ini mungkin akibat jarum infus atau memar pada orang tua.

Ratu Elizabeth sempat dinyatakan positif Covid-19 pada bulan Februari 2022 dengan gejala seperti "pilek ringan".

Dr. Robert Lahita, direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Sistem Kesehatan Saint Joseph mengatakan, long Covid bisa menjadi salah satu penyebab kematian Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Istana Buckingham Dipenuhi Karangan Bunga dari Rakyat Inggris untuk Ratu Elizabeth II

“Berdasarkan apa yang kita ketahui tentang aktivitas COVID sehubungan dengan jantung dan pembuluh darah, itu berarti pembekuan, dan saya tidak tahu varian COVID apa yang mungkin dia miliki, apakah itu Omicron atau Delta. Itu bisa menjadi sumber kematiannya,” ujar Lahita.

Ratu Elizabeth II meninggalkan empat anak dari perkawinannya dengan Pangeran Phillip (Duke of Edinburgh), yaitu Pangeran Charles (Raja Charles III), Pangeran Andrew (Duke of York), Putri Anne (Princess Royal dan Pangeran Edward (Earl of Essex).


Sumber : Healthline, Today

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x