Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Banjir Diskon di Tanggal Kembar 9.9, Ini Tips Terhindar dari Toko Online Palsu

Jumat, 9 September 2022 | 10:20 WIB
banjir-diskon-di-tanggal-kembar-9-9-ini-tips-terhindar-dari-toko-online-palsu
Ilustrasi belanja online saat promo tanggal kembar 9.9, konsumen harus cermat dalam memilih toko online saat akan membeli sesuatu. Jangan sampai menjadi korban penipuan olshop palsu, karena tergiur diskon besar. (Sumber: shutterstock via Kompas.com)

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di tanggal kembar setiap bulannya, berbagai marketplace dan toko online menawarkan diskon besar-besaran, serta berbagai promo untuk menarik minat belanja konsumen. Seperti misalnya hari ini Jumat (9/9/2022) yang merupakan tanggal kembar 9.9.

Tapi sebagai konsumen yang cerdas, Anda tetap harus cermat dalam membeli barang dari toko online yang terpercaya. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan online shop palsu, karena sudah tergiur tawaran diskon besar.

Berikut adalah tips terhindar dari penipuan penjual online atau online shop (olshop), dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo):

1. Cek kolom komentar

Kalau kolom komentarnya dinonaktifkan berarti ada yang ditutup-tutupi. Misalnya keluhan pembeli yang sudah ditipu sebelumnya. 

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Menghadapi Inflasi Tinggi

2. Cek informasi akun

Kunjungi profil akun

Klik titik tiga di kanan atas

Klik "Tentang Akun" atau "About This Account" Pilih "Nama Sebelumnya" atau "Former Usernames"

Jika sering berganti nama, wajib buat curiga ya!

3. Harga yang terlalu murah

Jangan langsung tergiur harga murah yang enggak masuk akal. Bisa jadi barang yang dijual 'gaib' alias tipu-tipu.

4. Cek followers

Followers banyak bukan jaminan ya, apalagi kalau banyak akun yang palsu. Hmm, pikir-pikir dulu deh.

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa mengecek akun penjual tersebut di mesin pencari seperti Google. Jika olshop tersebut pernah melakukan penipuan sebelumnya, kemungkinan besar akan ada informasinya dari pembeli lain. 

Baca Juga: Simak Tips Keuangan Aman Saat Resesi Ekonomi

Perlu diingat, belanja online di marketplace besar juga belum tentu bisa bebas dari penipuan. Karena  ada ribuan pedagang yang membuka toko onlinenya di marketplace tersebut. 

Nah, anda bisa menggunakan fitur rating toko, mencermati ulasan pelanggan di setiap produk sebelum chek out keranjang belanjaan, dan melihat berapa banyak barang yang berhasil dijual toko tersebut. 



Sumber :

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x