Kompas TV video vod

Kunjungan Ratu Elizabeth II ke Bali Hingga Yogyakarta, Memberikan Kesan Khusus Bagi Sang Ratu

Kompas.tv - 9 September 2022, 07:52 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Philip pernah berkunjung ke Indonesia saat mereka masih muda  yakni pada tanggal 18-22 maret 1974.

Didampingi Pangeran Philip, Ratu Elizabeth berkunjung ke Bali, Yogyakarta dan Jakarta menggunakan kapal pesiar dan pesawat udara.

Bali menjadi pintu gerbang keduanya melakukan kunjungan ke Indonesia. Sang ratu dan pangeran menggunakan Kapal Pesiar Kerajaan Britania menuju Jakarta.

Ini merupakan peristiwa unik sekaligus bersejarah, karena Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip datang menggunakan kapal pesiar. Pada hari itu Ratu Inggris naik kapal pesiar kerajaan, Royal Yacht Britannia.

Saat berada di Jakarta, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II disambut Presiden Soeharto dan Ibu Tien.

Keduanya menjadi tamu kenegaraan pertama Pemda DKI Jakarta dan disambut meriah dengan pawai ondel-odel lengkap dengan tanjidor.

Gubernur Ali Sadikin mengajak keduanya berkeliling kota tua.

Setelah itu keduanya menuju Yogyakarta dan diterima Sri Sultan Hamengku Buworo IX di Keraton Yogyakarta.

Sekitar 400 prajurit keraton lengkap dengan seragam tradisional menyambut Ratu Elizabeth II dan suaminya.

Lawatan ini juga merupakan peristiwa sejarah dan penting yang kemudian membuat hubungan bilateral Inggris-Indonesia menjadi lebih dinamis, kuat, maju, berkembang, dan hingga terbangunnya kemitraan strategis.

Ratu Elizabeth II tidak pernah lupa kepada Indonesia.

Menurut mantan Dubes Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik "Indonesia punya tempat khusus di (hati) yang mulia ratu dan pemerintahannya." 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x