Kompas TV nasional politik

Pimpinan Komisi I: Bila Jokowi Menghendaki, Kami Dukung Perpanjangan Masa Jabatan Panglima TNI

Jumat, 9 September 2022 | 05:31 WIB
pimpinan-komisi-i-bila-jokowi-menghendaki-kami-dukung-perpanjangan-masa-jabatan-panglima-tni
Jenderal TNI Andika Perkasa dalam rapat penerimaan prajurit TNI (Taruna Akademi TNI, Perwira Prajurit Karier TNI, Bintara Prajurit Karier TNI dan Tamtama Prajurit Karier TNI) tahun Anggaran 2022 (Sumber: Kanal youtube Jenderal TNI Andika Perkasa)

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyebut, jabatan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bisa diperpanjang bila Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghendakinya. 

Diketahui, Andika Perkasa akan memasuki usia pensiun pada Desember 2022 mendatang. 

"Jadi asal presiden menghendaki, ya boleh boleh saja mungkin diperpanjang," kata Abdul Kharis seperti dikutip dari Tribunnews, Kamis (9/9/2022). 

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung Abdurachman: Saya dan Panglima TNI Sampai Sekarang Baik-baik Saja

Ia menyatakan, dirinya mendukung jika memang Presiden Jokowi memperpanjang masa jabatan Andika Perkasa.

Namun, jika tidak, dia memastikan Komisi I DPR RI siap menggelar uji kelayakan dan kepatutan untuk calon Panglima TNI yang baru.

"Diperpanjang kita setuju, ada pergantian kita setuju karena bukan dalam posisi kita yang menentukan perpanjangan atau tidak." 

"Kalau ada perpanjangan dari presiden kita setuju kalau tidak ada perpanjangan berarti ada pergantian kita berarti lakukan fit and proper test," ujarnya.

Politikus PKS itu mengatakan, perpanjangan masa jabatan Panglima TNI dahulu sudah pernah dilakukan oleh pemerintah. Namun, ia tak menjelaskan ihwal detail waktu kapan kebijakan itu pernah diterapkan di Indonesia.

Baca Juga: KSAD Blak-blakan soal Tak Hadir RDP Komisi I DPR: Itu Perintah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

"Sejarahnya kita pernah ada perpanjangan di beberapa Panglima kalau nggak salah sudah dua kali," ujarnya. 

Dalam catatan sejarah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah menerbitkan surat keputusan presiden untuk perpanjangan masa jabatan Jenderal TNI Endriartono Sutarto yang menjabat Panglima TNI dalam periode 2002-2007. 



Sumber : Tribunnews.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x