Kompas TV internasional kompas dunia

Peristiwa-peristiwa Penting dalam Kehidupan Ratu Elizabeth II

Jumat, 9 September 2022 | 05:06 WIB
peristiwa-peristiwa-penting-dalam-kehidupan-ratu-elizabeth-ii
Ratu Inggris Elizabeth II meninggal dunia hari Kamis (8/9/2022) di Istana Balmoral, Skotlandia, dikelilingi anggota inti keluarga kerajaan Inggris seperti Pangeran Charles yang kini menjadi raja, bersama istrinya Camilla, Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran Edward, dan Pangeran William putra pangeran Charles. Pangeran Harry dilaporkan masih dalam perjalanan. (Sumber: Guardian)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV — Ratu Elizabeth II tutup usia pada Kamis (8/9/2022) di Kastil Balmoral Skotlandia pada usia 96 tahun. Dia telah memimpin selama lebih dari 70 tahun dan merupakan pemimpin terlama kerajaan Inggris.

Berikut adalah peristiwa-peristiwa penting dalam hidupnya, seperti dikutip dari The Associated Press.

21 April 1926: Lahir dengan nama Putri Elizabeth Alexandra Mary di Mayfair, London, anak pertama dari calon Raja George VI dan Ratu Elizabeth, yang kemudian disebut Ibu Suri.

10 Desember 1936: Elizabeth menjadi pewaris takhta setelah pamannya Raja Edward VIII turun tahta dan ayahnya menjadi raja.

13 Oktober 1940: Elizabeth membuat pidato publik pertama pada usia 14 di BBC Children's Hour untuk meyakinkan anak-anak yang telah terpisah dari orang tua mereka.

1945: Elizabeth diangkat menjadi Subaltern di Auxiliary Territorial Service, melayani Inggris selama Perang Dunia II.

20 November 1947: Elizabeth menikahi Pangeran Philip Mountbatten dari Yunani dan Denmark di Westminster Abbey.

14 November 1948: Pangeran Charles, sekarang Pangeran Wales, pewaris takhta Inggris, lahir di London.

15 Agustus 1950: Anak kedua dan putri satu-satunya Elizabeth, Anne, lahir di London.

Baca Juga: Bertakhta Selama 70 Tahun, Ratu Elizabeth II Sangat Dicintai Rakyat Inggris

6 Februari 1952: Elizabeth menjadi ratu setelah kematian ayahnya, George VI.

2 Juni 1953: Elizabeth dinobatkan menjadi Ratu Inggris dalam dalam upacara akbar di Westminster Abbey. Dia memulai tur Persemakmuran, mengunjungi tempat-tempat termasuk Bermuda, Fiji, Tonga, Australia, dan Gibraltar.

19 Februari 1960: Anak ketiga Elizabeth, Pangeran Andrew, lahir di London.

10 Maret 1964: Anak keempat Elizabeth, Pangeran Edward, lahir di London.

Mei 1965: Elizabeth melakukan kunjungan bersejarah ke Jerman Barat, kunjungan Jerman pertama oleh seorang pemimpin Inggris dalam 52 tahun.

1977: Elizabeth merayakan Silver Jubilee-nya, yang menandai 25 tahun takhta.

1992: Elizabeth memiliki apa yang dia gambarkan sebagai "annus horribilis," atau "tahun yang mengerikan." Pada tahun ini, tiga dari empat pernikahan anaknya berakhir dengan perceraian.

Tahun itu juga, kebakaran merusak Kastil Windsor. Kemarahan publik atas biaya perbaikan di tengah resesi mendorong ratu untuk secara sukarela membayar pajak penghasilan.

31 Agustus 1997: Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris. Di bawah tekanan publik untuk menunjukkan kesedihannya, Elizabeth membuat siaran televisi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengenang Diana.

2002: Elizabeth menandai 50 tahun pemerintahannya dengan perayaan Golden Jubilee. Tahun ini juga masa yang berat baginya, karena ibu dan adik perempuannya, Margaret, meninggal dunia.

20 Desember 2007: Elizabeth menjadi pemimpin Kerajaan Inggris yang hidup paling lama, menyalip Ratu Victoria.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Ini yang akan Terjadi di Inggris di Hari-Hari ke Depan

Mei 2011: Elizabeth melakukan kunjungan bersejarah ke Irlandia — kunjungan pertama pemimpin Inggris sejak kemerdekaan Irlandia.

2012: Elizabeth menandai 60 tahun pemerintahannya dengan Diamond Jubilee.

9 September 2015: Elizabeth melampaui Ratu Victoria dan menjadi raja terlama dalam sejarah Inggris.

11 Juni 2016: Inggris merayakan ulang tahun resmi ke-90 Elizabeth dengan tiga hari perayaan nasional.

6 Februari 2017: Elizabeth menjadi pemimpin Inggris pertama yang merayakan Jubilee Sapphire, yaitu menandai 65 tahun bertahta.

 Maret 2020: Elizabeth dan Philip pindah dari Istana Buckingham di London ke Kastil Windsor pada awal pandemi virus corona.

9 April 2021: Pangeran Philip, suami Elizabeth selama 73 tahun, meninggal pada usia 99 tahun.

20 Oktober 2021: Elizabeth menghabiskan malam di rumah sakit London menjalani tes kesehatan. Dia membatalkan pekerjaan besar di bulan-bulan berikutnya, atas perintah dokter untuk hanya melakukan tugas ringan.

6 Februari 2022: Elizabeth menjadi pemimpin Inggris pertama yang mencapai Platinum Jubilee, menandai 70 tahun berdaulat.

Juni 2022: Elizabeth tampil di hadapan publik terbatas selama liburan akhir pekan empat hari untuk merayakan Platinum Jubilee.

6 September 2022: Elizabeth bertemu Boris Johnson dan Liz Truss di rumah liburan musim panasnya di Skotlandia untuk mengawasi penyerahan kekuasaan dari perdana menteri yang akan keluar kepada penggantinya.

Upacara, yang secara tradisional diadakan di Istana Buckingham di London, dipindahkan ke Balmoral untuk pertama kalinya dalam pemerintahan ratu karena masalah mobilitasnya.

September 8, 2022: Elizabeth meninggal di Kastil Balmoral di Skotlandia pada usia 96 tahun. Putra sulungnya menjadi Raja Charles III.
 


Sumber : The Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x