Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II 10 Hari ke Depan

Kompas.tv - 9 September 2022, 04:33 WIB
inilah-prosesi-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-10-hari-ke-depan
Inggris kehilangan pemimpinnya, Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia di istana Balmoral, Kamis, (8/9/2022). Prosesi pemakaman ratu Elizabeth II akan berlangsung 10 hari, sekaligus proses formal pelantikan raja Charles III sebagai raja baru Inggris. (Sumber: Guardian)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Inggris kehilangan pemimpinnya, Ratu Elizabeth II, yang meninggal dunia di Istana Balmoral, Kamis (8/9/2022). Prosesi pemakaman ratu Elizabeth II akan berlangsung 10 hari, sekaligus proses formal pelantikan Raja Charles III sebagai raja baru Inggris.

Pengumuman resmi dari Istana Buckingham tentang wafatnya pemegang takhta Kerajaan Inggris, Elizabeth II, akan didahului oleh prosedur pemberitahuan berjenjang, dengan perdana menteri diinformasikan secara pribadi oleh sekretaris pribadi Ratu, dan berita tersebut diteruskan ke sekretaris kabinet dan kantor dewan rahasia, yang mengoordinasikan pekerjaan pemerintah atas nama raja. Baru setelah itu "pemberitahuan resmi" diumumkan ke publik. 

Seperti laporan Guardian, Jumat (9/9/2022), bendera di seluruh kediaman kerajaan, Whitehall, dan gedung-gedung pemerintah lainnya diturunkan menjadi setengah tiang, dengan situs web keluarga kerajaan diubah menjadi halaman hitam dengan pernyataan singkat yang mengumumkan mangkatnya Ratu Elizabeth II. Situs web pemerintah juga berubah untuk menampilkan spanduk hitam.

Perdana menteri adalah anggota pemerintah pertama yang membuat pernyataan.

Di Istana Buckingham, tradisinya adalah memasang pengumuman resmi berbingkai tentang kematian di pagar.

Westminster Abbey dan Katedral St Paul akan membunyikan lonceng mereka pada waktu yang ditentukan setelah kematian pemegang takhta kerajaan.

Pada hari pertama berkabung, upacara penghormatan senjata diharapkan terjadi di Hyde Park dan di Tower Hill, dan mengheningkan cipta secara nasional akan diadakan.

Raja Charles III diharapkan akan melakukan audiensi pertamanya dengan perdana menteri.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 tahun

Foto Ratu Inggris Elizabeth II bulan Juli 2022 saat acara resmi di Berkshire. Inggris kehilangan pemimpinnya, Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia di Istana Balmoral, Kamis (8/9/2022). Prosesi pemakaman ratu Elizabeth II akan berlangsung 10 hari, sekaligus proses formal pelantikan Raja Charles III sebagai raja baru Inggris. (Sumber: BBC/PA Media)

Raja Inggris yang baru, Raja Charles III juga akan bertemu dengan Earl Marshal untuk secara resmi menandatangani rencana pemakaman penuh Ratu Elizabeth II dengan pemakaman kenegaraan, diharapkan akan diadakan dalam waktu 10 hari ke depan.

Raja Charles III akan memberikan pemberitahuan resmi ke negara dan Persemakmuran akhir pekan ini.

Dewan Aksesi Raja, yang mencakup tokoh senior pemerintah dan penasihat rahasia, kemudian diharapkan bertemu di Istana St James untuk proklamasi utama raja baru, yang dibacakan di depan umum dari balkon di Istana St James.

Pengumuman lebih lanjut akan dibacakan di Royal Exchange di Kota London.

Raja baru akan mengadakan audiensi dengan perdana menteri dan kabinet, pemimpin oposisi, uskup agung Canterbury dan dekan Westminster.

Perkabungan akan dilaksanakan di parlemen. Bendera akan dipasang di tiang penuh untuk Dewan Aksesi dan tetap di tiang penuh selama 24 jam, sebelum kembali ke setengah tiang sampai hari setelah pemakaman.

Baca Juga: Lewat Dubes RI di London Pemerintah Indonesia Turut Berkabung atas Wafatnya Ratu Elizabeth II

Pewaris tahta kerajaan Inggris usai Ratu Elizabeth II mangkat. Mereka adalah Pangeran Charles yang kini menjadi Raja Charles III, Pangeran William, dan pangeran George (Sumber: BBC)

Peti mati Ratu Elizabeth II kemudian diharapkan meninggalkan Istana Balmoral untuk dibawa melalui jalan darat ke Istana Holyroodhouse.

Akan ada proklamasi di negara-negara devolusi di Edinburgh, Cardiff dan Belfast dan perkabungan di parlemen kemungkinan akan berlanjut.



Sumber : Guardian

BERITA LAINNYA



Close Ads x