Kompas TV internasional kompas dunia

Strata Gelar Bangsawan di Kerajaan Inggris Setelah Ratu Elizabeth Wafat, Ini Gelar William dan Kate

Kompas.tv - 9 September 2022, 04:00 WIB
strata-gelar-bangsawan-di-kerajaan-inggris-setelah-ratu-elizabeth-wafat-ini-gelar-william-dan-kate
Pangeran William dan Kate Middleton mendapat gelar dan peran baru selepas Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis (8/9/2022) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube The Duke and Duchess of Cambridge)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Semenjak Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal pada Kamis (8/9/2022) sore waktu setempat, terjadi banyak perubahan gelar bangsawan. Salah satunya, Pangeran Charles naik takhta menjadi Raja Inggris.

Berikut jenis-jenis gelar bangsawan di Kerajaan Inggris berdasar stratanya, menyitat keterangan Historic UK:

1. Duke (dari bahasa Latin dux, pemimpin). Ini adalah strata tertinggi dan terpenting. Sejak didirikan pada abad ke-14, terdapat kurang dari 500 duke. Saat ini hanya ada 27 duke, yang dipegang oleh 24 orang berbeda. 

Cara yang benar untuk secara resmi berbicara kepada seorang duchess adalah dengan menyebut "Your Grace". 

Putra tertua seorang duchess akan menggunakan salah satu gelar tambahan duke, sementara anak-anak lain menggunakan gelar kehormatan "Lord" atau "Lady" di depan nama-nama Kristen mereka.

2. Marquess (dari bahasa Prancis, marquis, berbaris). Ini merujuk pada pemimpin Marches (perbatasan) antara Wales, Inggris dan Skotlandia. 

Seorang marquess disebut sebagai "Lord So-and-So". Istri seorang marquess adalah marchioness (dikenal sebagai "Lady So-and-So"), dan gelar anak-anak sama dengan anak-anak duke.

3. Earl (dari bahasa Anglo-Saxon, eorl, pemimpin militer). Bentuk panggilan yang tepat adalah "Lord So-and-So". Istri seorang earl adalah seorang countess dan putra tertua akan mewarisi salah satu gelar yang diberikan ayahnya. 

Semua putra lainnya mendapat panggilan "Honorable"'. Anak perempuan mendapat gelar kehormatan "Lady" di depan nama Kristen mereka.

4. Viscount (dari bahasa Latin, vice-count, biasanya digunakan oleh Sheriff). Istri viscount adalah viscountess, dengan sapaan masing-masing "Lord So-and-So" atau "Lady So-and-So". 

Sekali lagi, putra tertua akan mewarisi salah satu gelar dari ayahnya, viscount, (jika ada), sementara semua anak lainnya disapa "Honorable".

5. Baron (dari bahasa Jerman Kuno, baro, atau freeman). Selalu disebut dan disapa sebagai "Lord"; Gelar Baron jarang digunakan. Istri seorang baron adalah seorang baroness dan semua anak disapa "Honorable".

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Ini yang akan Terjadi di Inggris di Hari-Hari ke Depan



Sumber : Daily Record/Historic UK

BERITA LAINNYA



Close Ads x