Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Inggris Keluarkan Pernyataan Resmi usai Ratu Elizabeth II Meninggal: God Save the King

Jumat, 9 September 2022 | 02:31 WIB
pemerintah-inggris-keluarkan-pernyataan-resmi-usai-ratu-elizabeth-ii-meninggal-god-save-the-king
Perdana Menteri Liz Truss hari Kamis, (8/9/2022) waktu Inggris langsung mengeluarkan pernyataan resmi menyusul wafat ya Ratu Elizabeth II dan hadirnya raja Inggris yang baru, Raja Charles III. (Sumber: Bloomberg)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Pemerintah Inggris di bawah Perdana Menteri Liz Truss hari Kamis (8/9/2022) waktu Inggris, langsung mengeluarkan pernyataan resmi menyusul wafatnya Ratu Elizabeth II dan hadirnya raja Inggris yang baru, Raja Charles III.

Perdana Menteri Liz Truss menyatakan, wafatnya Ratu Elizabeth II meninggalkan "warisan teramat besar".

"Hari ini Mahkota berganti, seperti yang telah terjadi selama lebih dari seribu tahun, kepada raja baru kita, kepala negara kita yang baru, Yang Mulia Raja Charles III."

"Dengan keluarga Raja, kami berduka atas kehilangan ibunya dan batin kami bersama (keluarga kerajaan)."

"Kami menawarkan kepadanya (Raja Charles III) kesetiaan dan pengabdian kami, sama seperti ibunya yang sangat mengabdi kepada kami selama ini."

PM Liz Truss menutup pernyataan resmi pemerintah Inggris dengan mengatakan saat ini adalah "berlalunya zaman Elizabeth kedua".

Truss menyimpulkan dengan mengatakan, "God Save the King," untuk menandai era baru monarki Inggris di bawah raja yang baru.

Baca Juga: Raja Inggris yang Baru Charles III Mengeluarkan Pernyataan Berkabung, Disusul Pernyataan PM Inggris

Pewaris tahta kerajaan Inggris usai Ratu Elizabeth II mangkat. Mereka adalah Pangeran Charles yang kini menjadi Raja Charles III, putra mahkota Pangeran William, dan pangeran George (Sumber: BBC)

Takhta kerajaan Inggris saat ini dipegang oleh Pangeran Charles sebagai Raja Charles III menyusul wafatnya Ratu Elizabeth II, di mana pemegang takhta berdiri di pucuk tertinggi sistem monarki konstitusional, sambil menunggu formalitas pelantikan.

Sementara Ratu atau Raja Inggris adalah kepala negara, kekuasaannya bersifat simbolis dan seremonial, dan tetap netral secara politik seperti yang dilaporkan BBC, Kamis (8/9/2022).

Ratu atau Raja Inggris menerima kiriman harian dari pemerintah dalam kotak kulit merah, seperti pengarahan sebelum rapat penting atau dokumen yang memerlukan tanda tangan.

Liz Truss saat ini adalah perdana menteri ke-15 di bawah pemerintahan Ratu Inggrs.

Perdana Menteri biasanya bertemu dengan Ratu pada hari Rabu di Istana Buckingham untuk memberi tahu dia tentang masalah pemerintah.



Sumber : Kompas TV/BBC

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x