Kompas TV internasional kompas dunia

Fakta-Fakta Seputar Ratu Elizabeth II, Ditinggal Belahan Jiwa Jelang Ulang Tahun ke-95

Kompas.tv - 9 September 2022, 01:28 WIB
fakta-fakta-seputar-ratu-elizabeth-ii-ditinggal-belahan-jiwa-jelang-ulang-tahun-ke-95
Dalam foto yang dirilis Istana Buckingham pada Kamis (23/12/2021), Ratu Elizabeth II tampak menyampaikan pidato Natal tahunannya yang direkam di Kastil Windsor, Windsor, Inggris. Pada Kamis (8/9/2022), Istana Buckingham menyatakan sang ratu Inggris berada dalam pengawasan medis, menyusul kondisi kesehatannya yang dilaporkan mengalami penurunan drastis. (Sumber: Victoria Jones/Pool via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV – Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia pada Jumat (8/9/2022) dini hari WIB, atau Kamis (8/9/2022) petang waktu setempat.

Kondisi kesehatannya dilaporkan beberapa jam sebelum berpulang. Seluruh anggota Kerajaan Inggris dilaporkan telah bergegas berkumpul di sisi sang ratu yang berada di Kastil Balmoral di Skotlandia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah fakta terkait Ratu Elizabeth II:

  • Nama asli Ratu Elizabeth II adalah Elizabeth Alexandra Mary Windsor. Ia lahir di Mayfair, London pada 21 April 1926 sebagai putri sulung Duke dan Duchess of York. Ayahnya naik takhta pada tahun 1936 setelah saudaranya Raja Edward VII turun takhta, hingga menjadikan Elizabeth sebagai pewaris.
  • Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip pada tahun 1947, lima tahun sebelum Elizabeth dilantik menjadi Ratu Kerajaan Inggris. Bersama Philip, sang ratu Inggris memiliki empat anak bersama, delapan cucu, dan sepuluh cicit. 

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Berulang Tahun ke-95, Pertama Kali Tanpa Pangeran Philip

  • Bulan April 2021 sepertinya menjadi bulan kelabu bagi Ratu Elizabeth II. Pada 9 April 2021, jelang ulang tahunnya yang ke-95, Ratu Elizabeth II ditinggal belahan jiwanya, suami tercintanya Pangeran Philip, yang meninggal di usia 99 tahun.
Ratu Elizabeth II dalam Kapel St. George di Kastil Windsor dalam kebaktian pemakaman Pangeran Philip suaminya pada Sabtu (17/4/2021). (Sumber: Jonathan Brady/Pool via AP)
  • Ratu Elizabeth II berulang tahun ke-96 pada 21 April 2022 lalu.
  • Pada Februari silam, Ratu Elizabeth II dilaporkan terpapar Covid-19. Namun, ia dilaporkan mengalami gejala ringan.

Baca Juga: Kisah Perjalanan Pangeran Philip dan Ratu Inggris Elizabeth II ke Indonesia Tahun 1974

  • Pada 6 Februari lalu, Ratu Elizabeth II mencapai 70 tahun masa pemerintahannya. Pada Mei lalu, digelar Platinum Jubilee, atau perayaan menandai pemerintahan Ratu Elizabeth II yang telah menjadi pemimpin Kerajaan Inggris selama 7 dekade. Serangkaian pesta kerajaan, parade, dan arak-arakan digelar selama empat hari selama libur akhir pekan.

 

  • Ratu Elizabeth II telah menjadi ratu berdaulat terlama kedua dalam sejarah. Per Juni 2022, Ratu Elizabeth II telah naik takhta selama 70 tahun lebih. Sang ratu menempati peringkat kedua masa jabatan terlama raja setelah Louis XIV dari Prancis yang menjadi raja pada usia empat tahun. Adapun Louis XIV menjadi raja Prancis sejak 14 Mei 1643 hingga kematiannya pada 1715. Masa pemerintahan Louis XIV sebagai raja selama 72 tahun dan 110 hari merupakan masa jabatan raja berdaulat terlama dalam sejarah.

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x