Kompas TV internasional kompas dunia

Warga Berkumpul di Istana Buckingham Cemaskan Ratu Elizabeth, Seluruh Keluarga Inti Sudah Berkumpul

Kompas.tv - 8 September 2022, 21:50 WIB
warga-berkumpul-di-istana-buckingham-cemaskan-ratu-elizabeth-seluruh-keluarga-inti-sudah-berkumpul
Istana Buckingham, London, Inggris. Anggota masyarakat berkumpul di luar Istana Buckingham pada hari Kamis (8/9/2022), ketika muncul berita tentang kekhawatiran atas turun drastisnya kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II, sementara seluruh anggota inti kerajaan sudah berkumpul. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Anggota masyarakat berkumpul di luar Istana Buckingham, Kamis (8/9/2022), cemas Ratu Elizabeth II meninggal dunia ketika muncul berita tentang turun drastisnya kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II di Istana Balmoral, seperti laporan Associated Press.

Ratu Inggris Elizabeth II saat ini ditempatkan di bawah pengawasan ketat tim medis karena para dokter “sangat mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia,” kata Istana Buckingham ketika anggota keluarga kerajaan bergegas melakukan perjalanan ke Istana Balmoral di Skotlandia untuk menemani ratu berusia 96 tahun itu.

Istana menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang kondisi kesehatan ratu, tetapi ada tanda-tanda yang mengkhawatirkan ketika Perdana Menteri Liz Truss mengatakan, "Seluruh negeri akan sangat prihatin dengan berita itu."

Pangeran Charles, pewaris takhta, bersama istrinya, Camilla, dan saudara perempuannya, Putri Anne, sudah bersama ratu di Kastil Balmoral, kediaman musim panasnya di Skotlandia.

Pangeran William, putra sulung Charles, juga sedang dalam perjalanan ke Balmoral, begitu juga saudaranya, Pangeran Harry, istrinya, Meghan, Pangeran Andrew, serta Earl dan Countess of Wessex.

Baca Juga: Keluarga Kerajaan Bergegas Berkumpul di Sisi Ratu Inggris usai Kesehatannya Dilaporkan Turun Drastis

Ratu Elizabeth II saat meresmikan sebuah gedung baru di Rumah Sakit Thames, Maidenhead, Inggris (15/7/2022). Pada Kamis (8/9/2022), Istana Buckingham mengumumkan bahwa sang ratu berada dalam pengawasan medis dan para dokternya prihatin atas kondisi kesehatannya. (Sumber: Kirsty OConnor/Pool Photo via AP, File)

Pengumuman Istana Buckingham itu muncul sehari setelah ratu membatalkan pertemuan virtual dengan Dewan Penasihatnya ketika dokter menyarankannya untuk beristirahat setelah sehari penuh acara pada hari Selasa, ketika dia secara resmi meminta Truss untuk menjadi perdana menteri.

Pertemuan House of Windsor terjadi hanya tiga bulan setelah rakyat di seluruh Inggris selama liburan panjang akhir pekan merayakan 70 tahun ratu Elizabeth II bertakhta.

Saat itu kerumunan sorak-sorai, rakyat yang mengibarkan bendera memenuhi jalan-jalan di sekitar Istana Buckingham selama empat hari perayaan, sang ratu sendiri hanya membuat dua penampilan singkat di balkon istana untuk melambai kepada rakyatnya.

Elizabeth semakin banyak menyerahkan tugas kepada Charles dan anggota keluarga kerajaan lainnya dalam beberapa bulan terakhir ketika dia pulih dari serangan Covid-19, namun terlihat mulai menggunakan tongkat dan tampak mulai perlu bantuan untuk berkeliling.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x