Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai Mahal, Pedagang Kurangi Pasokan

Kompas.tv - 8 September 2022, 13:30 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Harga cabai merah keriting di pasar tradisional Kota Semarang, Jawa Tengah, mengalami kenaikan drastis dalam beberapa hari terakhir. 

Kenaikan harga cabai merah keriting ini mulai terasa sekitar lima hari lalu Kamis (1/9/2022). Menurut pedagang cabai di Pasar Tradisional Peterongan, dalam selang tiga hari, harga yang semula Rp 60.000 langsung naik menjadi Rp 90.000. Harga Rp 90.000 per kilogram untuk kualitas bagus dan Rp 80.000 per kilogram untuk kualitas sedang ini bertahan hingga saat ini.

Tak hanya cabai merah keriting, cabai jenis lain juga mengalami kenaikan harga diantaranya cabai rawit merah kini menjadi Rp 60.000 per kilogram dan cabe rawit ceplis Rp 50.000 per kilogram. Sementara untuk jenis cabai hijau keriting dan rawit putih harganya masih stabil.

"Kenaikan mulai tiga hari yang lalu, naiknya langsung Rp 10.000," ujar Kasmanah, pedagang cabai Pasar Peterongan.

Akibat lonjakan harga cabai ini, pedagang terpaksa menerapkan pembatasan pembelian minimal Rp 5.000 untuk menekan kerugian akibat sepinya pembeli. Pedagang juga mengurangi stok dagangan karena kuatir cabai akan membusuk jika terlalu lama tidak terjual.

#cabai #semarang #pasarpeterongan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x