Kompas TV regional update

Hujan Deras Mulai Melanda Jakarta, BMKG Peringatan Potensi Petir dan Angin di Awal Musim Hujan

Kompas.tv - 8 September 2022, 09:17 WIB
hujan-deras-mulai-melanda-jakarta-bmkg-peringatan-potensi-petir-dan-angin-di-awal-musim-hujan
Hujan deras Jumat sore 15 Juli 2022 membuat jalan di Kemang, Jakarta Selatan tergenang banjir dengan ketinggian air 30 sampai 70 centimeter. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jakarta mulai dilanda hujan deras sejak Rabu siang (7/9/2022). Pada Kamis pagi (8/9/2022) sebagian Ibu Kota Jakarta diguyur hujan intensitas ringan.  Akibat peristiwa ini Polda Metro Jaya mengimbau bahwa pengendara harus mewaspadai banjir, pohon dan papan reklame yang berpotensi tumbang akibat hujan.

"Sebagian wilayah DKI Jakarta mulai diguyur hujan. Tetap hati-hati, waspadai jarak pandang terbatas, banjir, pohon & papan reklame tumbang," tulis TMC Polda Metro Jaya melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro, Kamis (8/9).

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim hujan pada tahun 2022/2023 akan datang lebih awal dibandingkan normalnya.

Baca Juga: Hujan Deras Landa Ibu Kota Jakarta, Kawasan Rasuna Said Direndam Banjir Hingga Sebabkan Macet

Diprakirakan, awal musim hujan di Indonesia akan terjadi di bulan September hingga November 2022 dengan puncak musim penghujan diprakirakan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Sedangkan, Fenomena La Nina diprakirakan akan terus melemah dan menuju netral pada periode Desember 2022 - Januari 2023. Dan, Fenomena IOD (Indian Ocean Dipole) diprakirakan akan tetap negatif hingga November 2022.

"Kombinasi dari kedua fenomena tersebut (La Nina dan IOD Negatif) diprakirakan akan berkontribusi pada meningkatnya curah hujan di Indonesia," ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam Konferensi Pers Prakiraan Musim Hujan 2022/2023 di Jakarta, Rabu (31/8) lalu.

Sementara hari ini, seluruh wilayah DKI Jakarta mengawali hari dengan cuaca cerah berawan. 

Siang hingga sore hari, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diprakirakan diguyur hujan ringan, sedangkan Jakarta Pusat dan Jakarta Utara berawan.

Pada malam hari, Jaksel dan Jaktim masih diguyur hujan ringan, sedangkan wilayah lain berawan. BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore menjelang malam hari.

Baca Juga: Ibu-ibu Perumahan Taman Duren Sawit Jakarta Berteriak, Menolak Eksekusi Lahan oleh PN Jaktim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.