Kompas TV internasional kompas dunia

Resmikan Lukisan Dirinya, Barack dan Michelle Obama Kembali ke Gedung Putih

Kompas.tv - 8 September 2022, 06:21 WIB
resmikan-lukisan-dirinya-barack-dan-michelle-obama-kembali-ke-gedung-putih
Mantan Presiden AS Barack Obama dan mantan ibu negara Michelle Obama meresmikan lukisan mereka yang akan menjadi koleksi Gedung Putih di Ruang Timur Gedung Putih, Rabu, 7 September 2022, di Washington. (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan istrinya, Michelle, kembali ke Gedung Putih pada Rabu (7/9/2022), Mereka meresmikan lukisan mereka, yang akan menjadi koleksi Gedung Putih. 

Kedua gambar itu merupakan karya Robert McCurdy dan terlihat lebih seperti potret. Padahal kedua gambar itu merupakan lukisan cat minyak. Dalam lukisan itu, Barack Obama memakai jas hitam dan dasi hitam, berdiri dengan latar belakang putih. Sedangkan Michelle Obama dilukis dengan posisi duduk, dengan mengenakan gaun berwarna biru muda.

Dalam pidato sambutannya, Barack Obama menyebutkan bahwa Michelle adalah hal terbaik selama mereka tinggal di Gedung Putih. Dia berterima kasih kepada McCurdy yang telah melukis mereka. Ia bergurau bahwa McCurdy telah mengabaikan permintaannya untuk mengurangi uban dan membuat telinganya terlihat lebih kecil di dalam lukisan.

Baca Juga: Barack Obama Setengah Jalan menuju Status EGOT setelah Raih Emmy Award jadi Narator Dokumenter

Sedangkan Michelle Obama, dalam pidatonya menyebutkan tentang janji Amerika untuk orang-orang dengan latar belakang seperti dirinya, yang merupakan putri dari orang tua kelas pekerja di selatan Chicago. 

“Bagi saya hari ini bukan hanya tentang apa yang telah terjadi,” katanya. “Ini juga tentang apa yang bisa terjadi, karena seorang gadis seperti saya, dia tidak seharusnya berada di atas sana. (Lukisannya) tidak seharusnya berada di samping (lukisan) Jacqueline Kennedy dan Dolley Madison. Dia tidak seharusnya tinggal di rumah ini, dan dia tidak seharusnya menjadi ibu negara,” tambahnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Nyonya Obama mengatakan bahwa lukisan itu adalah pengingat, bahwa ada tempat untuk semua orang di Amerika.


“Barack dan Michelle, selamat datang kembali di rumah,” kata Presiden Joe Biden dalam pertemuan itu.

Peresmian foto Barack dan Michelle Obama ini sebenarnya sudah sangat terlambat. Seharusnya, presiden yang menjabat mengundang pendahulunya untuk kembali ke Gedung Putih untuk meresmikan lukisannya. Namun Donald Trump melanggar tradisi itu dengan tidak menjamu Obama di Gedung Putih. Jadi saat ini Biden menjadwalkan upacara untuk Obama, yang seharusnya dilakukan oleh Trump.

Baca Juga: Penilaian Barack Obama Tentang Putin di Tengah Invasi ke Ukraina

Michelle mengatakan tradisi itu penting, tidak hanya bagi presiden dan ibu negara AS, tetapi juga untuk semua orang yang berpartisipasi dan mengamati demokrasi.

Lukisan ini dipilih dari sekitar 100 gambar dan setiap foto memakan waktu sekitar satu tahun untuk diselesaikan.
Lukisan Barack Obama akan dipajang di Grand Foyer Gedung Putih, bersama dengan lukisan Bill Clinton dan George W. Bush yang saat ini sudah tergantung di sana.

Lukisan Michelle Obama kemungkinan akan ditempatkan bersama para ibu negara sebelumnya di sepanjang Lorong lantai dasar Gedung Putih. Di tempat yang sama, telah ada lukisan Barbara Bush, Hillary Clinton dan Laura Bush.
 



Sumber : The Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x