Kompas TV nasional politik

Jokowi Ungkap Alasan Pilih Azwar Anas Jadi Menpan-RB: Track Record-nya Jelas saat Pegang Banyuwangi

Kompas.tv - 7 September 2022, 16:53 WIB
jokowi-ungkap-alasan-pilih-azwar-anas-jadi-menpan-rb-track-record-nya-jelas-saat-pegang-banyuwangi
Presiden Jokowi (tengah) mengungkapkan alasan menunjuk Abdullah Azwar Anas untuk menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). (Sumber: Tangkapan Layar Akun Youtube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasannya memilih Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Menurutnya, Azwar Anas memiliki track record atau rekam jejak yang bagus dalam hal reformasi birokrasi saat menjabat sebagai menjadi Bupati Banyuwangi, Jawa Timur.

Hal ini disampaikan Kepala Negara, usai pelantikan Azwar Anas menjadi Menpan-RB di Istana Negara, Rabu (7/9/2022). 

"Kita semua tahu Pak Azwar Anas track record-nya jelas waktu memegang birokrasi di Banyuwangi banyak sekali yang saya lihat," kata Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menuturkan, saat menjadi Bupati Banyuwangi Azwar Anas sangat baik dalam mengelola penyelenggaraan pelayanan publik.

Salah satunya yakni, telah melahirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik di daerah yang ia pimpin.

"Saya langsung melihat ke sana saat itu, inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, di urusan KTP, urusan perizinan yang bisa dilakukan di pasar, di mal, saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu," jelas dia.

"Sehingga track record itu yang menyebabkan kita memilih Pak Azwar Anas."

Dia meyakini Azwar Anas memahami pekerjaan sebagai Menpan-RB. Namun, Jokowi meminta agar birokrasi kedepannya semakin cepat dalam melayani masyarakat.

Baca Juga: Sah! Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas Jadi Menpan-RB Gantikan Tjahjo Kumolo

"Ya ini sekali lagi PANRB. RB-nya itu reformasi birokrasi, digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi," tegasnya.

"Beliau tidak usah diberi pesan-pesan, sudah mengerti apa yang harus dilakukan, sangat mengerti. Bukan mengerti (saja) tapi sangat ngerti."

Jokowi melantik Abdullah Azwar Anas menjadi Menpan-RB sisa masa jabatan 2019-2024, Rabu (7/9) siang di Istana Negara, Jakarta. 
 


Azwar menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No. 91/B tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode tahun 2019-2024 tertanggal 7 September 2022.

Adapun Abdullah Azwar Anas dikenal luas oleh publik sebagai Bupati Banyuwangi yang menjabat selama dua periode

Pada periode 2010-2015 ketika diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan periode 2016-2021 yang diusung PDI Perjuangan.

Sebelumnya ia pernah menjadi anggota MPR dan DPR RI.

Abdullah Azwar Anas saat ini juga menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) sejak 13 Januari 2022.

Baca Juga: Sosok Azwar Anas, Bupati Banyuwangi Dua Periode yang Bakal Dilantik Jokowi Jadi Menteri PAN-RB



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.