Kompas TV nasional hukum

Ini Alasan KPK Panggil Anies Baswedan soal Formula E

Kompas.tv - 6 September 2022, 14:30 WIB
ini-alasan-kpk-panggil-anies-baswedan-soal-formula-e
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berkeliling di sirkuit Formula E Jakarta, Sabtu (4/6/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Plt Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Ali Fikri, membenarkan pihaknya memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk diminta keterangan terkait dengan penyelenggaraan Formula E di Jakarta. 

Alasannya, kata Ali, untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi tim penyelidik KPK. Pemanggilan itu akan dilakukan pada Rabu besok (7/9/2022). 

"Dalam proses penyelidikan KPK tentu dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyelidik KPK. Sehingga siapapun jika memang keterangannya dibutuhkan pasti akan kami panggil," kata Ali Fikri dalam keterangan yang diterima KOMPAS.TV, Selas (6/9/2022). 

Pemanggilan Anies ini lantaran sebagai upaya KPK mencari dan menemukan adanya dugaan peristiwa pidana dalam penyelenggaran Formula E. 


 

"Hal ini untuk melengkapi pengumpulan bahan keterangan dalam rangka mencari dan menemukan adanya dugaan peristiwa pidananya," ujarnya. 

Pemanggilan Anies ini, kata Ali, atas laporan dari masyarakat terkait adanya dugaan korupsi di penyelenggaraan Formula E.

KPK juga ingin mendapatkan gambaran secara utuh terkait dugaan adanya peristiwa tersebut. 

"Tentu sebagai tindak lanjut KPK atas laporan masyarakat. Proses ini sebagai salah satu langkah, agar KPK bisa mendapatkan gambaran awal dan utuh terkait dugaan  peristiwa pidana dimaksud," ujarnya. 

"KPK berharap pihak-pihak agar kooperatif supaya seluruh proses  berjalan secara efektif dan efisien, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip dan norma hukum yang berlaku," tuturnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x