Kompas TV feature news or hoax

Hoax Video Panglima TNI Mengamankan Narkoba Milik Irjen Ferdy Sambo - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 6 September 2022, 12:37 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar unggahan dengan narasi yang menyatakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengamankan 100 ton narkoba sabu milik mantan Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Ferdy Sambo. Tertulis narasi ini faktanya, Jenderal Andika turun gunung.

Pada video yang diunggah tampak sejumlah videoklip yang menyatakan adanya pernyataan Jenderal Andika Perkasa bersama beberapa anggota TNI mengamankan narkoba.

Sampai saat ini tidak ditemukan adanya laporan kredibel tentang diamankannya 100ton narkoba dalam kasus yang menjerat Ferdy Sambo. Adapun gambar pada video yang diunggah menunjukkan panglima tni mengamankan narkoba merupakan hasil editan. Gambar tersebut identik dengan sebuah foto konferensi pers ketika TNI angkatan laut berhasil menangkap dua pelaku penyelundupan narkoba sebanyak 100kilogram lebih yang akan dibawa ke Malaysia pada 18 April 2021 lalu.

Sedangkan video Jenderal Andika yang memberikan pernyataan mengenai pengamanan 100ton narkoba identik dengan video yang ada pada youtube pribadi Andika Perkasa. Pada video terlihat Jenderal Andika melakukan rapat internal TNI yang membahas kasus tindakan hukum yang melibatkan anggota TNI. Pada rapat tersebut yang menjadi pokok bahasan adalah kasus penganiayaan anggota TNI yang mengakibatkan korban meninggal.

Jadi, unggahan dengan narasi yang menyatakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengamankan 100ton narkoba sabu milik mantan Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Ferdy Sambo adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.