Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Besok, Ratusan Peternak Ayam Akan Demo di Depan Istana, Protes Harga Jual Ayam yang Murah

Kompas.tv - 6 September 2022, 10:00 WIB
besok-ratusan-peternak-ayam-akan-demo-di-depan-istana-protes-harga-jual-ayam-yang-murah
Ilustrasi peternakan ayam. Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) akan menggelar untuk rasa pada Rabu, 7 September 2022 besok. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ratusan peternak ayam dari Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) akan menggelar untuk rasa pada Rabu, 7 September 2022 besok. Ketua KPUN Alvino Antonio mengatakan, unjuk rasa akan digelar di depan Istana Negara, Kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha, dan Gedung KPK.

Alvino mengatakan, aksi tersebut untuk meminta pemerintah memperbaiki tata niaga ayam ras pedaging. Lantaran saat ini biaya produksi ayam ras pedaging sedang tinggi, namun harga jual ayam hidupnya tidak sesuai.

"Harga pakan ternak yang dijual ke peternak UMKM sangat tinggi, dulu waktu naik alasannya karena harga jagung naik. Tapi sudah sejak 3 bulan lalu harga jagung turun kembali normal, harga pakan ternak tidak menyesuaikan turun juga," kata Alvino dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas TV, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: Harga Telur di Jakarta Tembus Rp35.000, Merauke Rp54.000, Mendag: Karena Afkir Dini dan Bansos

"Dalam pakan ternak kandungan jagung minimal 50 persen, jadi kalau harga pakan naik harga bibit anak ayam juga ikut naik," ujarnya.

Alvino menyampaikan, harga jual ayam hidup di kandang yang wajar minimal Rp21.000, kemudian harga jual di tingkat konsumen Rp34.000. Namun saat ini harganya lebih rendah dari itu.

Menurutnya, masalah tata niaga unggas ini terjadi sejak perusahaan asing besar ikut membudidayakan ayam pedaging dan menjual hasil panennya ke pasar tradisional.

Alvino pun merinci tuntutan yang akan disuarakan peternak pada aksi besok.

Baca Juga: 3 Hari Setelah BBM Naik, Tarif Angkutan Umum dari Jakarta hingga Lampung Mulai Ikut Naik

"Bebaskan kuota GPS (Grand Parent Stock/pembibitan ayam indukan broiler), jangan dibatasi," ujarnya.

Kemudian kembalikan budidaya ayam pedaging kepada peternak, turunkan harga pakan ternak,
turun harga DOC atau day old chicken. Pengertian DOC ayam atau ayam DOC adalah ayam dengan umur di bawah 10 hari dan paling lama 14 hari setelah ayam itu menetas.

"Bentuk badan perlindungan untuk menyerap hasil ternak UMKM dengan harga sesuai acuan Badan Pangan Nasional," ucap Alvino.

Baca Juga: Setelah Diserbu Pelanggan, Kini SPBU Vivo Naikkan Harga BBM Jadi Lebih Mahal dari Pertalite

Berdasarkan data Pusat Harga Pangan Strategis, harga rata-rata daging ayam ras secara nasional adalah Rp34.400 per kg. Sedangkan harga rata-rata untuk wilayah DKI Jakarta adalah sebesar Rp38.489 per ekor.

Di mana harga tertinggi berada di Pasar Pondok Labu Jakarta Selatan sebesar Rp55.000 ekor. Sedangkan harga terendah ada di Pasar Kelapa Gading Jakarta Utara sebesar Rp30.000 per ekor. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.