Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Selatan Bersiap Hadapi Hantaman Topan Dahsyat Hinnamnor, Ratusan Pesawat Dilarang Terbang

Kompas.tv - 6 September 2022, 04:25 WIB
korea-selatan-bersiap-hadapi-hantaman-topan-dahsyat-hinnamnor-ratusan-pesawat-dilarang-terbang
Gelombang tinggi menghantam pantai di Busan, Korea Selatan, saat Topan Hinnamnor mendekati Semenanjung Korea pada hari Senin, 5 September 2022. (Sumber: Son Hyung-joo/Yonhap via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SEOUL, KOMPAS.TV - Ratusan penerbangan dibatalkan dan lebih dari 200 orang dievakuasi di Korea Selatan pada hari Senin (5/9/2022), saat Topan Hinnamnor mendekati wilayah selatan Korea membawa hujan lebat dan angin hingga 170 kilometer per jam. Kedatangan topan itu membuat Korea Selatan waspada akan kondisi badai terburuk dalam beberapa dekade.

Dilaporkan Associated Press, Senin (5/9/2022), badan cuaca Korea Selatan mengatakan negara itu akan mulai merasakan gemuruh kekuatan penuh Hinnamnor pada Selasa pagi, diperkirakan akan menghantam pulau resor selatan Jeju sebelum mendarat di dekat kota Busan.

Pejabat pemerintah menyampaikan kekhawatiran tentang potensi kerusakan besar akibat banjir, tanah longsor dan gelombang pasang yang dipicu oleh topan, yang terjadi hanya beberapa minggu setelah ibu kota Seoul dan daerah sekitarnya dilanda hujan deras yang menyebabkan banjir bandang dan menewaskan sedikitnya 14 orang.

Presiden Yoon Suk Yeol, mengatakan dia akan tinggal di kantornya semalaman untuk memantau topan, mendesak upaya maksimal untuk mencegah jatuhnya korban selama pertemuan tanggap darurat pada hari Senin.

Perdana Menteri Han Duk-soo menyerukan upaya proaktif untuk mengevakuasi penduduk di daerah yang rentan terhadap banjir.

"Ini diperkirakan menjadi topan yang kuat dalam sejarah yang belum pernah kita alami sebelumnya," kata Han.

Baca Juga: Dianggap Tingkatkan Citra Negara, Korea Selatan Pertimbangkan Pengecualian Wajib Militer untuk BTS

Ratusan  penerbangan dibatalkan. Badan cuaca Korea Selatan mengatakan negara itu akan merasakan gemuruh kekuatan penuh Hinnamnor pada Selasa pagi, menghantam Jeju sebelum mendarat di Busan (Sumber: Byun Ji-chul/Yonhap via AP)

Para pejabat Korea Selatan mengatakan Topan Hinnamnor dapat membawa angin yang lebih kuat daripada Topan Maemi 2003, yang menewaskan 117 orang dan merupakan badai terkuat yang mendarat di negara itu sejak dimulainya pencatatan pada 1904.

Pada Senin malam, Hinnamnor berada di atas laut lepas 180 kilometer barat daya Jeju.

Hujan mengguyur lebih dari 62 sentimeter di bagian tengah Jeju sejak Minggu, di mana angin bertiup dengan kecepatan maksimum 124 kpj dan mulai membadai makin kencang.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x