Kompas TV internasional kompas dunia

Bom Bunuh Diri Guncang Kedubes Rusia di Kabul, Dua Diplomat Moskow dan Sejumlah Warga Tewas

Senin, 5 September 2022 | 18:39 WIB
bom-bunuh-diri-guncang-kedubes-rusia-di-kabul-dua-diplomat-moskow-dan-sejumlah-warga-tewas
Ilustrasi. Milisi Taliban berpatroli di jalanan Kabul usai terjadi bentrokan pada 21 September 2021. Pada Senin (5/9/2022), serangan bom bunuh diri mengguncang kompleks Kedutaan Besar Rusia untuk Afghanistan di Kabul dan menewaskan dua diplomat Rusia. (Sumber: Felipe Dana/Associated Press)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

KABUL, KOMPAS.TV - Serangan bom bunuh diri mengguncang kompleks Kedutaan Besar Rusia untuk Afghanistan di Kabul, Senin (5/9/2022). Dua diplomat Rusia dikonfirmasi tewas akibat serangan ini.

Warga sipil turut menjadi korban jiwa bom bunuh diri. Namun, hingga berita ini diturunkan, total jumlah korban jiwa masih simpang siur.

Associated Press melaporkan setidaknya satu warga Afghanistan tewas.

Sementara media milik negara Rusia, RIA Novosti memperkirakan total 15-20 orang tewas atau terluka. Sedangkan Al Jazeera, mengutip sumber aparat keamanan Taliban, melaporkan setidaknya delapan orang tewas.

Otoritas Taliban belum mengonfirmasi insiden ledakan atau merilis jumlah korban.

Kementerian Luar Negeri Rusia melaporkan bahwa serangan ini terjadi ketika warga Afghanistan tengah mengantre pemrosesan visa Rusia.

Di pintu masuk seksi kekonsuleran gedung kedubes, penyerang dilaporkan meledakkan diri saat seorang diplomat Rusia keluar memanggil nama-nama kandidat pengajuan visa.

Baca Juga: Masjid di Kabul Afghanistan Meledak dan Tewaskan 3 Orang, Korban Jiwa Diyakini Bakal Bertambah

Menurut keterangan saksi-saksi, gedung kedutaan sedang dikerumuni banyak orang ketika bom meledak sekitar pukul 10.50 waktu setempat.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x