Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Bertemu Presiden Filipina Ferdinan Marcos Junior, Ini 5 Sektor Kerja Sama yang Diperkuat

Kompas.tv - 5 September 2022, 17:01 WIB
jokowi-bertemu-presiden-filipina-ferdinan-marcos-junior-ini-5-sektor-kerja-sama-yang-diperkuat
Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022, Kamis (18/8/2022). (Sumber: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Filipina Ferdinan Marcos Junior di Istana Bogor.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Filipina Ferdinan Marcos Junior menyepakati sejumlah penguatan kerja sama bilateral di berbagai sektor

“Pertama, kita mendorong peningkatan volume perdagangan secara signifikan. Dibandingkan tahun lalu perdagangan indonesia-Filipina sudah naik hampir 50% Indonesia secara khusus mendorong peningkatan ekspor produk makanan dan minuman, Farmasi serta produk kelapa, dan rumput laut,” kata Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (5/9/2022).

“Saya mengajak Filipina untuk terus mengembangkan potensi perdagangan dan juga konektivitas di wilayah perbatasan. Saya mengusulkan revitalisasi jalur kapal Roro Bitung -Davao dan membuka jalur penerbangan Manado – davao.”

Baca Juga: Menghitung Peluang 3 Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika, dari Usia dan Sistem Bergilir

Kedua, sambung Presiden Jokowi, Indonesia dan Filipina juga melakukan peningkatan intensitas kerja sama infrastruktur dan industri strategis.

Menurut Jokowi, beberapa BUMN Indonesia sudah ikut serta dalam program pembangunan di Filipina.

“Misalnya proyek pengadaan dua kapal landing platform dock oleh PT PAL dan proyek persinyalan kereta di Manila oleh PT LEN,” ungkap Jokowi.

“Saya berharap agar rencana pembelian pesawat NC212I dari PT Dirgantara Indonesia ada di realisasikan. Ke depan saya ingin semakin banyak kesempatan bagi BUMN dan perusahaan swasta Indonesia mendukung pembangunan di Filipina.”

Lalu ketiga, Presiden Jokowi mengatakan antara Indonesia dan Filipina juga melakukan penguatan kerja sama Perbatasan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x