Kompas TV bisnis kebijakan

Syarat Bikin SIM dan STNK Harus Terdaftar BPJS Kesehatan Kapan Mulai Berlaku? Cek Infonya!

Kompas.tv - 5 September 2022, 14:37 WIB
syarat-bikin-sim-dan-stnk-harus-terdaftar-bpjs-kesehatan-kapan-mulai-berlaku-cek-infonya
Ilustrasi SIM (Sumber: Polri.go.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menghadirkan layanan BPJS Kesehatan di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) di seluruh Indonesia. 

Sebab, Presiden menginstruksikan bahwa masyarakat yang hendak melakukan pengurusan SIM hingga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) harus terdaftar dalam kepesertaan aktif jaminan kesehatan nasional BPJS Kesehatan.

Aturan itu sudah diteken Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Nantinya, mengurus SIM harus memiliki BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, Korlantas Polri menghadirkan layanan BPJS Kesehatan di Satpas SIM tersebut.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menilai, hadirnya layanan BPJS Kesehatan di Satpas akan mempermudah masyarakat, khususnya dalam menerima pelayanan publik.


 

“Kewajiban tentang keaktifan masyarakat sebagai peserta BPJS yang ini juga dikaitkan sekarang dengan kemudahan dalam memperoleh pelayanan publik,” kata Firman dalam keterangannya di Satpas Prototype Polres Purwakarta, Rabu (31/8/2022) dilansir dari NTMC Polri.

Baca Juga: Cara Perpanjang STNK secara Online, Cukup lewat Smartphone!

Firman langsung mengecek layanan BPJS Kesehatan yang sudah tersedia di Satpas Prototype Polres Purwakarta. 

Ia mengatakan, kehadiran layanan tersebut menjadi proyek Korlantas bersama stakeholder ke depan.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.