Kompas TV internasional kompas dunia

Pembunuhan Massal Kanada: 10 Orang Tewas Ditikam, Tokoh Masyarakat Adat Menduga Terkait Narkoba

Kompas.tv - 5 September 2022, 14:26 WIB
pembunuhan-massal-kanada-10-orang-tewas-ditikam-tokoh-masyarakat-adat-menduga-terkait-narkoba
Petugas melakukan olah TKP penikaman di Desa Weldon, Provinsi Saskatchewan, Kanada, Minggu (4/9/2022). (Sumber: Heywood Yu/The Canadian Press via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

REGINA, KOMPAS.TV -  Sebanyak 10 orang tewas dalam serentetan penikaman yang diduga dilakukan oleh dua orang di Provinsi Saskatchewan, Kanada. Kepolisian Kanada menggelar pencarian besar-besaran terhadap dua orang pelaku di daerah seluas 651.900 di selatan negara itu.

Penikaman yang telah menewaskan 10 orang, juga  melukai 15 orang lainnya, disebut sebagai salah satu pembunuhan massal paling mematikan sepanjang sejarah Kanada.

Kepolisian belum bisa merilis motif serangkaian penikaman tersebut. Namun, seorang tokoh masayarakat adat setempat menduga kasus-kasus itu berkaitan dengan peredaran narkoba.

Peristiwa penikaman hingga jatuh korban tewas yang menimpa masyarakat adat Amerika Utara ini membuat otoritas setempat menetapkan keadaaan darurat sipil.

“Tidak ada orang di sini yang akan tidur lagi. Mereka akan takut bahkan hanya untuk membuka pintu,” kata Ruby Works, seorang warga Desa Weldon, dekat lokasi penikaman sebagaimana dikutip Associated Press.

Baca Juga: 10 Tewas dan 15 Luka dalam Penusukan di Kanada, Polisi Kejar 2 Tersangka

Per Minggu (4/9/2022) malam waktu setempat, polisi menyebut kendaraan yang diduga memuat dua tersangka terlihat di Regina, ibu kota Saskatchewan, sekitar 335 kilometer selatan daerah tempat kejadian perkara.

Kepala Polisi Regina Evan Bray menyebut tersangka diyakini masih berada di daerah Regina.

Polisi mengidentifikasi dua orang tersangka itu sebagai Damien Sanderson, berusia 31 tahun, dan Myles Sanderson, berusia 30 tahun. 

Asisten Komisaris Polisi Rhonda Blackmore menampilkan muka dua tersangka penikaman massal di Provinsi Saskatchewan, Kanada. Foto diambil dalam konferensi pers kepolisian di Regina, ibu kota Provinsi Saskatchewan, Minggu (4/9/2022). (Sumber: Michael Bell/The Canadian Press via AP)

Rhonda Blackmore, asisten komisaris kepolisian di Saskatchewan, menyebut sebagian korban terlihat telah diincar oleh pelaku. Namun, sebagain lain terlihat diserang secara acak.

Blackmore belum bisa bicara motif. Namun, Bobby Cameron, seorang kepala federasi masyarakat adat menduga serangkaian penikaman ini terkait narkoba.

“Ini adalah kehancuran yang kita hadapi ketika obat-obatan ilegal yang merusak menginvasi masyarakat kita. Kami menuntut setiap otoritas mengindahkan arahan jajaran kepala dan dewan suku dan anggota mereka untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan lebih sehat bagi masyarakat kami,” kata Cameron.

Peristiwa di Saskatchewan ini adalah salah satu pembunuhan massal paling mematikan dalam sejarah Kanada. Pembunuhan massal lain yang pernah mengejutkan negara itu adalah penembakan massal di Provinsi Nova Scotia, membunuh 22 orang pada 2020 lalu.

Di Toronto, pada 2019 silam, seorang pria menabraki pejalan kaki dengan mobil van dan membunuh 10 orang.

Walaupun dikejutkan sejumlah peristiwa pembunuhan massal beberapa tahun belakangan, pembunuhan massal di Kanada lebih jarang terjadi dibanding di negara tetangganya, Amerika Serikat (AS). 

Baca Juga: Daftar Pembunuhan Massal Terburuk di Kanada Sebelum Penikaman di Saskatchewan



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.