Kompas TV nasional hukum

Dugaan Pelecehan Seksual Putri Candrawathi Disebut Tak Masuk Akal, Ini Sederet Alasannya

Kompas.tv - 5 September 2022, 04:05 WIB
dugaan-pelecehan-seksual-putri-candrawathi-disebut-tak-masuk-akal-ini-sederet-alasannya
Irma Hutabarat, aktivis perempuan yang mendampingi keluarga Brigadir J datang ke wisuda di Universitas Terbuka (UT), Tangerang Selatan. (Sumber: Grid.ID / Virgilery Levana Clarence)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Narasi soal dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat terhadap istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi kembali menguat seusai digulirkan kembali oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Komnas Perempuan.

Terkait hal ini, aktivis perempuan Irma Hutabarat menilai, dugaan pelecehan seksual yang disebut terjadi di Magelang, Jawa Tengah itu merupakan rekayasa dan pengalihan isu kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Dia juga mempertanyakan keterangan yang diberikan oleh Putri Candrawathi yang selalu berubah-ubah dan diduga bohong.

Di awal kasus, istri Ferdy Sambo ini mengaku pelecehan terjadi di rumah dinas sang suami di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Namun belakangan ia mengaku bahwa dirinya dilecehkan di Magelang.

"Tidak masuk akal, itu pengalihan isu. Pembohong kok dipercaya, tanpa bukti pula," kata Irma seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (4/9/2022). 

Lebih lanjut, Irma juga menegaskan dugaan pelecehan yang kembali 'hidup' ini tidak masuk akal karena mengabaikan relasi kuasa yang ada, bahwa Putri adalah istri jenderal bintang dua yang juga telah dianggap sebagai ibu oleh Brigadir J di keluarga Ferdy Sambo.

"Tidak masuk akal, baik dari sisi relasi kuasa maupun karakter Yosua yang kerap dilupakan,” ujarnya.

Irma juga menyoroti kondisi Putri yang sudah ditetapkan sebagai tersangka namun tak ditahan. Menurutnya hal itu dapat membuat Ferdy Sambo dan Putri bisa dengan leluasa membuat skenario palsu untuk merekayasa kasus tersebut.

"Jelas kan, Sambo dan PC (Putri Candrawathi) bisa bebas merekayasa skenario dan menjalankan pengalihan isu karena (Putri) tak ditahan," jelasnya.

Baca Juga: Grafolog: Ada Ciri-Ciri Kecemasan di Tulisan Tangan Kedua Irjen Ferdy Sambo


Selain itu, ada sejumlah hal yang membuat Irma yakin bahwa istri Ferdy Sambo ini telah berbohong menjadi korban pelecehan, salah satunya yakni aksi Putri yang mengirimkan foto Brigadir J tengah menyetrika pakaian ke adiknya yang bernama Reza Hutabarat.

Hal itu menunjukkan betapa bangganya Putri memiliki sosok ajudan seperti Brigadir J.

“Masuk akal enggak? Itu (mengirim foto ke adik Yosua) memperjelas betapa mustahilnya perkosaan itu,” ujar Irma.

Lebih lanjut, dia menyinggung soal kemuliaan seorang perempuan dalam adat Batak. Di sisi lain, Brigadir J telah menganggap Putri sebagai ibu.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x